<
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Enam ribu sapi di Merauke ditargetkan inseminasi buatan
  • Kamis, 14 September 2017 — 19:13
  • 657x views

Enam ribu sapi di Merauke ditargetkan inseminasi buatan

Pelaksanaan IB terhadap sapi betina yang berlangsung di Kampung Waninggap Miraf – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Merauke, Jubi - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, Bambang Dwiatmoko, mengatakan target ternak sapi yang harus dilakukan inseminasi buatan (IB) dalam tahun ini sekitar enam ribu ekor.

“Sampai saat ini sudah 717 sapi atau sekitar 11,95 persen yang di-IB oleh petugas di sebagian besar distrik maupun sejumlah kampung,” ujar Bambang, kepada sejumlah wartawan, Kamis (14/9/2017).

Dikatakan, terdapat sejumlah kendala dialami petugas di lapangan seperti belum adanya kandang jepit, mobilisasi ternak ke tempat pelaksanaan IB, kampung yang berjauhan, ternak berkeliaran, serta kurang adanya pengetahuan masyarakat tentang masa birahi.

Akibatnya, lanjut Bambang, pelaksanaan IB terkendala dan jumlahnya belum mencapai target. Namun demikian, akan terus dikejar hingga Desember mendatang.

Dikatakan, program IB dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan melakukan pemeriksaan kebuntingan serta inseminasi buatan secara gratis.

Ditambahkan, fokus melakukan IB sapi adalah 11 distrik yakni Semangga, Tanah Miring, Jagebob, Kurik, Malind, Merauke, Muting, Elikobel, Ulilin, Sota, dan Naukenjerai. Sebelas distrik itu dinilai memiliki populasi ternak cukup banyak.

Wakil Bupati Merauke, Sularso, minta dinas terkait terus mengejar target untuk IB sapi di 11 distrik yang menjadi fokus perhatian.

“Jika IB dilakukan secara terus-menerus kepada sapi, dipastikan dari tahun ke tahun jumlah sapi akan terus mengalami peningkatan,” katanya. (*)

 

Reporter :Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor :
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Judi roleks marak di Merauke, tokoh agama angkat bicara

Selanjutnya

Kalapas Merauke usul dirikan poliklinik di lapas

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua