<
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Gubernur Soedarmo akan tinjau produksi sagu di Meranti
  • Rabu, 18 Juli 2018 — 17:19
  • 529x views

Gubernur Soedarmo akan tinjau produksi sagu di Meranti

Plh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua, Gilberd Yakwart - Jubi/Alex
◕‿◕Soedarmo mengajak beberapa bupati yang wilayahnya terdapat hutan sagu, salah satunya Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw. ◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi  Riau, untuk melihat langsung hasil-hasil produksi sagu yang dikelola pemerintah setempat.

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua, Gilberd Yakwart mengatakan kunjungan ke Meranti Soedarmo mengajak beberapa bupati yang wilayahnya terdapat hutan sagu, salah satunya Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw. 

"Kamis (19/7/2018) pagi, rombongan sudah tiba disana dan akan langsung meninjau hasil produksi sagu," kata Yakwart kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (19/7/2018).

Menurut ia, hasil bumi Papua secara umum tidak kalah jauh dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia. Salah satu bukti yakni, bahan baku sagu  diambil langsung dari Papua dan dibawa ke Meranti untuk diolah.

"Tuhan sudah menyediakan segala hasil bumi, sekarang tinggal bagaimana masyarakat bisa mengolah dan menjualnya. Apalagi hasil bumi Papua sangat dimintati hingga ke luar negeri," ujarnya.

“Sebab tanpa inovasi hasil bumi Papua itu nampak biasa-biasa saja. Tetapi bila dikemas dengan baik dan punya inovasi tinggi, saya yakin produk hasil bumi Papua akan banyak dicari konsumen dan bakal jadi produk unggulan," sambungnya.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, mengatakan dirinya sebagai salah satu pemrakarsa Asosiasi Bupati Pemilik Hutan Sagu di Indonesia, mendorong tanaman sagu menjadi makanan khas secara nasional. 

"Melalui asosiasi ini, kami bupati seluruh Indonesia yang memiliki hutan sagu akan mendorong agar sagu juga dijadikan makanan khas nasional," kata Awoitauw. 

Menurut ia, upaya di masing-masing daerah yang dilakukan adalah pelestarian dan peningkatan pengelolaan terhadap budi daya sagu.

"Kabupaten Jayapura masih memiliki hutan sagu sangat luas. Sebagian dibudidaya secara lokal oleh masyarakat untuk kebutuhan pangan sehari-hari. Upaya lain yang dilakukan adalah bekerja sama dengan pihak ketiga untuk proses percepatan pertumbuhan pohon sagu," ujarnya. (*)

 

Reporter :Alexander Loen
Editor : Syam Terrajana
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pengarus utamaan gender di Papua belum maksimal

Selanjutnya

Agustus, masyarakat Papua diimbau pasang bendera merah putih

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua