Pemkot Jayapura Gelar Sosialisasi Bimtek ASB

share on:

Pelaksana harian Wali Kota Jayapura R.D. Siahaya – Jubi/Hengky Yeimo
Pelaksana harian Wali Kota Jayapura R.D. Siahaya – Jubi/Hengky Yeimo
Jayapura, Jubi – Pelaksana harian Wali Kota Jayapura R.D. Siahaya membuka sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) analisis standar belanja (ASB) di lingkungan Pemkot Jayapura.

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor wali kota, 11-12 Agustus 2016 itu menghadirkan Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan peserta dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan ASN Pemkot Jayapura.

“Sosialisasi ini digelar dengan upaya untuk melakukan perubahan dan perbaikan dalam tata kelola keuangan negara di daerah. Dilakukan melalui penyempurnaan berbagai regulasi di bidang keuangan negara,” kata R.D. Siahaya.

Undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara menjadi pijakan yang berfungsi sebagai penggerak, sebab belanja daerah harus mempertimbangkan beberapa instrumen pendukung berupa ASB dan standar harga satuan.

“Tolok ukur kinerja dan standar harga pelayanan minimal SPM yang ditetapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Kata dia, sebelum undang-undang nomor 17 tahun 2003 diberlakukan pengelolaan keuangan diatur sesuai peraturan pemerintah nomor 105 tahun 2000 tentang pengelolaan keuangan daerah. Anggaran daerah disusun berdasarkan anggaran kinerja.

Lalu peraturan pemerintah nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah dan peraturan menteri dalam negeri nomor 59 tahun 2007 tentang perubahan atas peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 2006 tentang pengelolaan keuangan daerah.

“Dalam regulasi tersebut dinyatakan bahwa ASB merupakan salah satu instrumen pokok dalam penganggaran berbasis kinerja,” katanya.

Ketua panitia penyelenggara sosialisasi bimtek ASB tahun 2016, Andrian Jitmau mengatakan sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman kepada peserta tentang penggunaan ASB dalam menyusun rencana kerja SKPD.

Pihaknya berharap SKPD dapat memahami ASB dalam penyelenggaraan pembangunan, efektif, efisien, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkot Jayapura Gelar Sosialisasi Bimtek ASB