13 Bayi Tewas Terbakar di Baghdad

share on:

Jayapura, Jubi – Sebanyak 13 bayi prematur yang baru lahir tewas dalam kebakaran di Rumah Sakit Yarmuk, Baghdad, Irak pada Rabu 10 Agustus 2016 dini hari. Diduga, kebakaran disebabkan arus pendek listrik di bangsal bersalin rumah sakit tersebut.

Dikutip dari kantor berita Antara, petugas kesehatan berhasil mengevakuasi tujuh bayi lainnya dan 29 wanita hamil yang tengah menghuni bangsal. Pemadam kebakaran membutuhkan waktu tiga jam untuk mematikan kobaran api yang melalap bangsal dan seluruh barang di dalamnya.

Petugas berjaga-jaga di RS Yarmuk, Baghdad Irak. /Reuters
Petugas berjaga-jaga di RS Yarmuk, Baghdad Irak. /Reuters

Hingga berita ini diturunkan, otoritas setempat masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran itu. Yarmuk merupakan rumah sakit utama di bagian barat ibu kota yang dilengkapi dengan unit gawat darurat dan fasilitas pelatihan. Karena insiden itu, Menteri Kesehatan Irak, Adila Hamoud mengundurkan diri setelah sesaat sebelumnya memecat kepala Rumah Sakit Yarmuk. Insiden itu mempertajam tudingan publik akan adanya korupsi dan kelalaian manajemen rumah sakit oleh negara.

Sejumlah foto yang disiarkan ke media sosial menunjukkan rumah sakit tampak telantar dengan kecoak berkeliaran di ubin yang rusak, tempat sampah penuh, toilet kotor, dan pasien yang tergeletak di halaman. Kerabat pasien yang belum lama meninggal akibat meningitis di RS mengaku melihat kecoak masuk ke dalam selang masker oksigen.
“Kondisinya sungguh kotor. Bahkan kami memakai sprei kasur sendiri,” ujarnya.

Negara penghasil minyak itu masih mengalami kesulitan membangun akses listrik, air bersih, sekolah, dan rumah sakit usai 13 tahun pendudukan Amerika Serikat di Irak yang menjatuhkan Saddam Hussein. Perdana Menteri Haider al-Abadi telah mencoba lebih dari dua tahun untuk memberantas korupsi di Irak. Namun, upaya tersebut mengalami hambatan dari elit politik negara itu. Irak kini menempati urutan 161 dari total 168 negara dalam indeks korupsi Transparency International. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  13 Bayi Tewas Terbakar di Baghdad