Tiga Bulan Berlalu, Janji Jokowi Bangun Pasar Belum Direalisasikan

share on:
Tiga bulan berlalu, belum ada tanda-tanda pembangunan pasar untuk Mama-Mama Papua. Lahan yang sudah dibersihkan kembali dijadikan lahan parkir untuk salah satu hotel di Jayapura - Jubi/Arjuna Pademme
Tiga bulan berlalu, belum ada tanda-tanda pembangunan pasar untuk Mama-Mama Papua. Lahan yang sudah dibersihkan kembali dijadikan lahan parkir untuk salah satu hotel di Jayapura – Jubi/Arjuna Pademme

Jayapura, Jubi – Sejak peletakan batu pertama Pasar Mama-Mama Papua yang dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada hari Sabtu tanggal 30 April 2016 lalu, hingga tiga bulan terakhir belum ada tanda-tanda kelanjutan pembangunan pasar tersebut. Hal ini membuat masyarakat mempertanyakan kinerja pemeritah pusat yang mengambil ahli pembangunan.

“Kami tagih janji Jokowi untuk menyelesaikan pasar dalam kurung waktu 10 bulan,” kata ketua Solidaritas Pedangang Asli Papua (Solpap), Pdt. Dora Balaubun, saat di komnfirmasi Jubi.

Ia mengakui hingga saat ini belum ada informasi baik dari presiden sendiri maupun tim pembangunan pasar yang dibentuk Presiden Indonesia yang akrab disapa Jokowi.

“Sampai saat ini belum ada informasi terkait pembangunan baik dari presiden Joko Widodo maupun tim pusat yang menangani pembangunan pasar mama-mama Papua,” lanjutnya.

Ia menjelaskan saat ini Solpap belum melakukan kordinasi dan rencana tindaklanjut semenjak meninggalnya sekretaris Solpap Rojit Jitmau. Namun dalam waktu dekat ini (Agustus) Solpap akan lakukan rapat untuk menentukan pengganti posisi almarhum agar pembangunan pasar bisa didesak kembali.

Terpisah, mantan Pokja Pasar Mama-Mama Papua, Natan Pahabol, mengatakan, kementrian terkait yang di perintahkan presiden perlu segera membangun pasar itu.

“Tak ada alasan lagi. Ini sudah perintah presiden ketika datang ke Papua beberapa waktu lalu,” katanya.

Menurutnya, apapun kendalanya, kemetrian terkait harus segera mencari solusi agar pembangunan pasar segera di mulai.

Sementara itu Mama Yuliana Pigay, salah satu pedagang di Pasar Mama-Mama Papua saat di temui Jubi mengatakan sangat kesal dan kecewa dengan janji yang diberikan presiden Jokowi saat meletakan batu pertama pembangunan pasar.

“Kami masih tunggu janji Jokowi bangun mama dorang punya pasar. Tolong bangun kami punya pasar mama-mama. Kasihan masih jualan di tempat yang lama dengan kondisi apa adanya,” ujar Mama Yuliana dengan nada kesal. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiga Bulan Berlalu, Janji Jokowi Bangun Pasar Belum Direalisasikan