Legislator: Umat Muslim Papua Tak Perlu Khawatir Rayakan Idul Fitri

share on:
Ketua Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni (kiri) dan Wakil Ketua Komisi I, Orwan Tolli Wone - Jubi/Arjuna
Ketua Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni (kiri) dan Wakil Ketua Komisi I, Orwan Tolli Wone – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Komisi I DPR Papua yang membidangi Pemerintahan, Keamanan, Hukum dan HAM meminta umat muslim di Papua tak khawatir jelang perayaan Idul Fitri 1437 H mendatang.

Ketua Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni mengatakan, Papua aman dan damai untuk semua umat yang bermukim di Bumi Cenderawasih. Ia yakin tak akan ada gangguan pada perayaan Idul Fitri mendatang.

“Toleransi antar umat beragama di Papua sudah terjalin baik sejak dulu. Saya yakin perayaan Idul Fitri mendatang berjalan aman,” kata Elvis Tabuni, Kamis (30/6/2016).

Menurutnya, pihak di Papua dan luar Papua tak perlu khawatir perayaan Idul Fitri tahun ini akan ada gesekan di masyarakat seperti tahun sebelumnya. Katanya, insiden di Tolikara lalu, hanya karena salah paham.

“Itu hanya salah paham. Kini semua pihak di Tolikara sudah hidup rukun kembali. Baik umat muslim maupun umat lainnya sudah berbaur seperti biasa. Tak perlu mengingat kesalahpahaman itu karena kedua pihak sudah saling memaafkan dan berdamai. Sudah hidup rukun,” ucapnya.

Katanya, sejak dulu masyrakat Papua hidup saling menghargai antar suku dan agama. Toleransi itu sudah terjalin sejak puluhan tahun lalu. Perbedaan suku, ras dan agama di masyarakat Papua bukan penghalang untuk saling menghargai dan hidup rukun.

“Meski begitu bukan berarti kita tetap harus mengantisipasi berbagai kemungkinan. Yang dikhawatirkan adanya pihak-pihak lain yang tak ingin Papua aman. Masyarakat jangan gampang terprovokasi dengan isu-isu menyesatkan,” katanya.

Terpisah, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal (TNI) Hinsa Siburian berharap, perayaan Idul Fitri di Papua berjalan aman dan damai. Tak ada gangguan dari pihak-pihak yang ingin mengacaukan situasi kemanan di Papua.

“Kejadian tahun lalu jangan terulang lagi. Kami sudah berkoordinasi dengan tokoh agam dan tokoh masyarakat mencegah hal-hal yang tak diinginkan,” kata Pangdam Siburian.

Menurutnya, semua lapisan masyarakat Papua harus tetap menjaga kesatuan dan persatuan. Saling menghormati satu sama lain. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Legislator: Umat Muslim Papua Tak Perlu Khawatir Rayakan Idul Fitri