Pada HUT OPM, DPR Papua Ingin Tak Ada Aksi Turun Jalan

share on:
Ilustrasi Bendera OPM - Jubi
Ilustrasi Bendera OPM – Jubi

Jayapura, Jubi – Menjelang 1 Juli, yang selama ini diperingati orang asli Papua sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), DPR Papua ingin tak ada aksi turun jalan atau demo dari organisasi atau kelompok manapun lantaran kini umat muslim di Papua sedang melaksanakan puasa.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, sebagai bentuk toleransi antar umat beragama, jangan melakukan kegiatan yang bisa menyebabkan umat muslim yang sedang menjalani bulan Ramadhan merasa tak nyaman.

“Kini umat muslim di Papua sedang berpuasa dan memasuki perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah. Kami harap tak ada kegiatan yang bisa menggangu kenyamanan mereka menjelang 1 Juli mendatang. Jangan ada kegiatan berlebihan,” kata Yunus Wonda kepada wartawan, Selasa (27/6/2016).

Menurutnya, anak-anak asli Papua yang besar dalam lingkungan adat, tentu tahu betul tatanan adat. Kondisi nyaman dan aman harus diperhankan hingga umat musli usai merayakan Idul Fitri.

“Untuk sementara waktu, mari menjaga situasi Tanah Papua agar tetap nyaman, ketenangan dan harmonis. Saya meminta kepada semua anak-anak kami diberbagai pergerakan agar menjelang Idul Fitri tak melakukan aktivitas yang bisa menggangu umat muslim. Mari menciptakan Papua sebagai zona damai yang tenangan dan nyamanan untuk siapapun,” ucapnya.

Kata politikus Partai Demokrat itu, dengan begitu orang luar Papua bisa melihat bagaimana toleransi umat beragama di Papua dan tak lagi berpikir negatif akan Papua.

“Jangan lagi ada kegiatan atau demo hingga Idul Fitri mendatang. Tugas menjaga keamanan bukan hanya tanggungjawab TNI dan Polri. Namun juga masyarakat,” katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pada HUT OPM, DPR Papua Ingin Tak Ada Aksi Turun Jalan