17 Pendaftaran DPRD Jalur Otsus Kembalikan Berkas

share on:
Panitia Kabupaten Merauke yang menerima berkas calon anggota DPRP jalur Otsus masih menyelesaina beberapa administrasi untuk penyerahan. Jubi/Frans L Kobun
Panitia Kabupaten Merauke yang menerima berkas calon anggota DPRP jalur Otsus masih menyelesaina beberapa administrasi untuk penyerahan. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Pendaftaran Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Jalur otonomi Khusus (Otsus) secara resmi telah ditutup pada 11 Mei 2016. Berdasarkan data dari panitia seleksi Kabupaten Merauke, sebanyak 26 mendaftar sekaligus mengambil formulir. Namun, hanya 17 mengembalikan formulir. Sedangkan 11 yang  tak mengembalikan, otomatis dinyatakan gugur.

Ketua Panitia Seleksi Kabupaten Merauke, Saverius Wonmot saat ditemui Jubi di ruang kerjanya Jumat (13/5/2016) menjelaskan, animo orang mendaftar cukup tinggi. Karena hanya beberapa hari diumumkan melalui media cetak lokal dan elektronik, warga beramai-ramai datang dan mendaftar sekaligus mengambil formulir A1-A20. Mereka yang mendaftar, mewakili semua mulai dari Kimaam, Kondo, Yeinan serta beberapa wilayah lain.

“Kami masih memberikan waktu dan kesempatan hingga tadi malam pukul 21.00 WIT sambil menunggu pengembalian berkas. Hanya saja, sebagian besar saja. Sedangkan sisanya tidak. Dengan demikian, dinyatakan gugur dan tidak  mengikuti proses lebih lanjut lagi,” tegasnya.

Dari 17 yang mengembalikan formulir dan setelah dilakukan pemeriksaan, delapan dinyatakan lengkap. Sedangkan sembilan lain belum. Misalnya, SKCK maupun surat keterangan sehat gangguan jiwa. “Ada keluhan dari calon pendaftar jika biaya terlalu mahal terutama mendapatkan surat sehat gangguan jiwa. Belum lagi mereka harus ke Jayapura melakukan pemeriksaan. Karena rumah sakit dimaksud hanya ada di sana,” tuturnya.

Namun demikian, jelas Wonmot, berkas mereka tetap diterima sambil dilakukan koordinasi bersama Panitia Daerah Pengangkatan (Dapeng) agar diberikan kesempatan melengkapi kembali. Sesuai rencana, besok berita acara penyerahan berkas calon diserahkan kepada Panitia Dapeng guna dilakukan tahapan selanjutnya seperti wawancara dan lain-lain.

Sekretaris Panitia Kabupaten Merauke, Agustinus Endeboy menambahkan, proses verifikasi telah selesai dilakukan dan tinggal penyerahan berkas. “Kami sudah mengagendakan untuk besok menyerahkan berita acara termasuk semua berkas calon anggota DPRP dari Jalur Otsus,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan dilakukan penyerahan berita acara, tugas dan tanggungjawab panitia kabupaten sudah selesai. Nanti selanjutnya, Panitia Dapeng akan melanjutkan sesuai aturan. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  17 Pendaftaran DPRD Jalur Otsus Kembalikan Berkas