BPAD Papua : Pustakawan Adalah Garda Terdepan

share on:
Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua, Annie Rumbiak (tengah) Didampingi Staf Membuka Musyawarah Ikatan Pustakawan - Jubi/Alex
Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua, Annie Rumbiak (tengah) Didampingi Staf Membuka Musyawarah Ikatan Pustakawan – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Papua, Annie Rumbiak mengatakan Pustakawan merupakan garda terdepan dalam pelayanan masyarakat.

“Nah tugas mereka itu sesuai dengan tupoksi kami melakukan pembinaan. Mereka ini langsung melayani masyarakat. Jadi mereka ini dikatakan garda terdepan,” kata Annie Rumbiak saat membuka Musyawarah Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), di Jayapura, Selasa (14/3/2016).

Karena garda terdepan, pustakawan dituntut menguasai dan memahami ilmu pengetahuan. Terutama yang secara umum. “Selain itu, mereka juga diminta memahami teknologi,” ucapnya.

Saat ini BPAD Papua sudah memiliki program berbasis Informasi Teknologi (IT). Untuk itu, pustakawan dituntut harus melek teknologi.

“2016 ini pustakawan harus bisa mengakses, dan kami sudah melakukan koordinasi dengan kominfo untuk menggunakan alat-alat yang mendukung kami dalam berbasis IT ini,” ucapnya.

Annie menjelaskan, Musda IPI Papua merupakan momentum yang sangat tepat untuk mengevaluasi apa yang telah dicapai atau dikerjakan selama ini dalam tubuh organisasi IPI.

“Musda ini berlangsung selama dua hari. Sekaligus dengan pemilihan Ketua IPI periode berikutnya yang akan memimpin selama tiga tahun ke depan,” kata Annie.

Annie berharap lewat Musda kali ini dapat terpilih kepengurusan yang baru. “Waktu kemarin saya sudah sempat bertanya kepada pengurus yang lama. Kriteria ketua IPI sudah disampaikan kepada kami tidak terbatas seorang pustakawan, boleh seorang PLN yang SDM nya dianggap mampu,” katanya.

Secara terpisah, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty meminta BPAD untuk membuat terobosan baru dalam menjalankan fungsinya mencerdaskan kehidupan bangsa. Pasalnya selama ini banyak masyarakat awam yang menganggap keberadaan perpustakaan biasa saja.

“Dengan adanya undang-undang tentang perpustakaan, menjadi kewajiban dari pemerintah daerah untuk berikan perhatian yang besar,” kata Loupatty. (Alexander Loen)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BPAD Papua : Pustakawan Adalah Garda Terdepan