Kadis Kesehatan Merauke Bantah 7 Anak Meninggal Dunia Di Kimaam

share on:
serampa
Kadis Kesehatan Merauke. Stef Osok. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Stevanus Osok berang setelah adanya pemberitaan di sejumlah media cetak maupun online terkait penyakit campak di lima kampung di Distrik Kimaam hingga mengakibatkan tujuh anak meninggal.

Saya mau tanya kalian (wartawan;red), darimana pemberitaan tersebut. Kalau pemberitaan dimaksud bersumber dari mantan mantri atas nama Herman Kaimbe, itu tidak benar sama sekali,” tegas Osok saat ditemui sejumlah wartawan di RSUD Merauke Senin (1/2/2016).

Dia menjelaskan, Mantri Herman Kaimbe tidak mengerti apa itu penyakit serampa. “Terus terang, kita membaca pemberitaan tersebut sepertinya ‘seram’ dan seolah ada. Padahal, dalam kenyataan tidak seperti demikian,” katanya.

Dikatakan, dirinya juga merasa kaget begitu mendapatkan informasi dari para wartawan jika adanya kasus campak atau serampa pada Januari 2016. “Memang saat itu saya sedang berada di luar daerah dan tidak berada di tempat untuk memberikan penjelasan secara langsung,” ujarnya.

Setelah menelepon langsung Kepala Puskesmas Kimaam maupun di Bidang Pemberantasan Penyakit Dinkes Merauke, ternyata tidak wabah penyakit tersebut.

Berdasarkan laporan dari dokter di Puskesmas Kimaam, demikian Osok, hanya penyakit gatal-gatal yang menyerang sejumlah anak. Tetapi sampai meninggal tujuh anak, itu tidak benar sama sekali.

Ditegaskan lagi, dirinya telah memanggil mantri, namun bersangkutan belum datang. “Saya tidak marah dia, karena merupakan haknya untuk bicara. Hanya saja, harus sesuai dengan fakta di lapangan dan tidak terkesan mengada-ada,” ujarnya.

Sebelumnya, Mantri dari Kimaam, Herman Kaimbe mengatakan, sebanyak tujuh anak di Kimaam meninggal dunia akibat serampa. Keterangan itu disampaikan kepada sejumlah wartawan di ruangan Ketua Komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Moses Kaibu beberapa waktu lalu. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kadis Kesehatan Merauke Bantah  7 Anak Meninggal Dunia Di Kimaam