FPPI Mamuju Minta Freeport Dinasionalisasi

share on:
Demo Freeport - utama.seruu.com
Demo Freeport – utama.seruu.com

Mamuju, Jubi/Antara – Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) Pimpinan Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, minta upaya bersama agar perusahaan PT Freeport di Provinsi Papua segera dinasionalisasi dan tidak lagi dikuasai dan dinikmati pihak asing.

“PT Freeport adalah kekayaan bangsa yang mesti dinasionalisasi tanpa syarat, sebagai kekayaan bangsa dan negara ini,” kata Ketua FPPI Mamuju, Muhammad Suyuti, di Mamuju, Sabtu (12/12/2015).

Ia minta pemerintah tidak lagi membiarkan PT Freeport dikelola pihak asing, namun mesti dikelola bangsa ini sebagai sumber ekonomi negara.

“Jangan lagi diperpanjang kontrak dengan pihak negara asing, Freeport yang dikuasasi asing tidak mengkontribusi pembangunan bangsa ini. FPPI di Mamuju akan tetap mendesak pemerintah menasionalisasi Freeport dengan terus melakukan demonstrasi,” katanya.

FPPI sebagai organisasi kepemudaan di Indonesia telah melakukan aksi unjuk rasa diberbagai kota di Indonesia secara serentak pada (10/11) termasuk di Mamuju untuk mendesak pemerintah menasionalisasi Freeport.

“Negara ini dirugikan karena kekayaannya hanya dikelola negara lain. Saatnya perusahaan raksasa itu dimiliki sendiri bangsa ini, untuk memperkuat bangsa dan negara ini,” katanya.

Ia juga menyatakan FPPI menolak tambang uranium di Kecamatan Tapalang Mamuju, sehingga tidak ada pihak lain apalagi pihak luar yang mencoba mengelola tambang uranium.

“Uranium tidak boleh dikelola. Kami juga berharap pemerintah tidak membiarkan kekayaan yang terkandung di Kecamatan Tapalang itu dikelola pihak lain apalagi pihak luar,” katanya.

Pihaknya akan melindungi kekayaan alam seperti tambang uranium yang menjadi kekayaan negara yang akan turun-temurun dijaga generasi bangsa ini.

Ia juga minta pemerintah dapat secara tuntas menyelesaikan konflik agraria di seluruh wilayah Sulbar agar tidak menjadi potensi konflik di masyarakat. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  FPPI Mamuju Minta Freeport Dinasionalisasi