Christopher Emelee Wakil PM Vanuatu Baru

share on:
Sato Kilman. Foto: RNZ
Sato Kilman. Foto: RNZ

Jayapura, Jubi – Perdana Menteri Vanuatu, Sato Kilman, telah menunjuk Menteri Pertanian dan Perikanan, Christopher Emelee, sebagai wakil Perdana Menteri yang baru.

Christopher Emelee menggantikan Moana Karkas yang dihukum kurungan penjara selama empat tahun sejak bulan lalu. Karkas bersama 14 anggota parlemen pemerintah lainnya dihukum atas tuduhan melakukan penyuapan.

Adanya rencana untuk membentuk persatuan pemerintah nasional sejauh ini gagal karena pemenjaraan itu. Kini, Kilman mulai mengisi kekosongan di kementerian-kementerian yang kosong tersebut.

Robert Bohn telah dipilih Menteri Kehakiman Vanuatu yang baru. Ia menggantikan Dunstan Hilton mengambil alih posisi sebagai Menteri Perdagangan Vanuatu yang baru pula.

Laporan Radio New Zealand, Rabu (11/11/2015) mengatakan, pengadilan banding yang diajukan tahanan anggota parlemen itu akan didengar pada Kamis (12/11/2015).

 

Dalam kondisi tersebut, politik Vanuatu berada dalam kondisi kekacauan dimana sebagian besar anggota parlemen harus mendekam dalam penjara untuk empat tahun lamanya. (Yuliana Lantipo)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Christopher Emelee Wakil PM Vanuatu Baru