Badan Pesawat Cardig Air Berhasil Dievakuasi

share on:

Wamena, Jubi – Usai tergelincir pada Jumat (28/8/2015) di landasan pacu Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, badan Pesawat Cardig Air jenis Boeing seri 300 dengan nomor lambung PK-BBY akhirnya berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat ke dalam Apron II.

Proses pemindahan badan pesawat Cardig Air, Sabtu (29/8/2015) memakan waktu setengah hari. Dengan menerjun kan tim sekitar 50-an orang, yang terdiri dari anggota Kodim 1702/Jayawijaya, Pangkalan TNI AU Wamena, petugas Bandara hingga KNKT dan juga teknisi dari Cardig Air sendiri.

Dengan menggunakan dua alat berat, proses pemindahan badan pesawat yang menghalangi landasan pacu, sempat terganggu dengan minimnya peralatan, dimana bagian sayap pesawat yang patah mengakibatkan proses evakuasi membutuhkan waktu cukup lama.

Sejak pagi hari proses pemindahan badan pesawat dan akhirnya masuk di Apron II Bandara Wamea sekitar pukul 15.30 waktu Papua. Dengan begitu, secara otomatis pada Sabtu (29/8/2015) seluruh penerbangan baik yang dari Wamena-Jayapura bahkan Jayapura Wamena pun dibatalkan.

Usai badan pesawat parkir di Apron II Bandara, tim pemadam Bandara langsung membersihkan landasan pacu yang saat tergelincir landasan pacu cukup dipenuhi dengan minyak.

Salah satu staf Qualita selaku operator Cardig Air yang enggan disebutkan namanya menjelaskan, tim teknisi dari Cardig Air sendiri langsung didatangkan ke Wamena bersamaan dengan tim dari KNKT. Namun dirinya membatah bahwa pada saat tergelincir Pesawat membawa 30 ton beras bulog.

“Pesawat ini maksimal muat barang hanya 15 ton, kenapa di media disebutkan bawa 30 ton beras,” katanya kepada Jubi disela-sela evakuasi badan pesawat.

Namun pada Minggu (30/8/2015) Bandara Wamena kembali dibuka untuk seluruh penerbangan. (Islami)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Badan Pesawat Cardig Air Berhasil Dievakuasi