Klub Motocross Promosikan Perdamaian di Bougainville

share on:
Klub Motocross Bougainville telah bergabung kembali setelah absen 20 tahun dan berencana untuk mempromosikan perdamaian. Foto: Bougainville Motorcross
Klub Motocross Bougainville telah bergabung kembali setelah absen 20 tahun dan berencana untuk mempromosikan perdamaian. Foto: Bougainville Motorcross

Jayapura, Jubi – Klub Motocross Bougainville dihidupkan kembali setelah absen selama 20 tahun, dan ingin melakukan perannya dengan membantu dalam proses perdamaian Bougainville.

 

Laporan Radio New Zealand, Rabu (19/8/2015) mengatakan, klub ini telah melakukan tur pertunjukan di pulau dan melakukan aksinya di desa-desa terpencil. Sementara pada saat yang sama, tim motocross akan berbagi kegiatan dengan melakukan diskusi bersama penduduk setempat  tentang referendum yang akan datang dengan kemungkinan capai kemerdekaan bagi masyarakat Bougainville.

 

Presiden Klub Motocross Bougainville, Emile Agustinus, mengatakan klub tersebut telah hancur oleh perang saudara di tahun 1990-an, dan sekarang mereka ingin kembali bersama-sama untuk melakukan perannya untuk mempromosikan perdamaian dan membawa orang bersatu.

 

Agustinus mengatakan, pihaknya telah menerima lebih dari $ US7,000 dari pemerintah daerah untuk melakukan kampanye perdamaian dan persatuan tersebut.

 

“Kami juga ingin naik ke tempat-tempat terpencil dan pastikan bahwa semua orang terdaftar dalam gulungan umum (daftar pemilih) dan terverifikasi sebelum pelaksanaan referendum. Hal ini juga akan mengikat dengan bantuan LSM yang melakukan kampanye seperti alkohol dan obat kesadaran, HIV / kesadaran AIDS dan hak-hak perempuan,” kata Agustinus, Rabu.

 

Emile Agustinus mengatakan klub yang dipimpinnya juga menginginkan agar suatu hari nanti motocross di Bougainville terdaftar dalam salah satu cabang pariwisata. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Klub Motocross Promosikan Perdamaian di Bougainville