Aktivitas Pelindo Jayapura Telah Didukung Kapal Tunda

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Aktivitas PT Pelindo IV Cabang Jayapura kini telah didukung satu unit kapal tunda yang berfungsi memastikan kapal yang akan bersandar atau berangkat berada dalam posisi yang tepat.

“Kapal tunda sudah ada. Dari aspek keselamatan pelayaran, pemenuhan itu sudah kita lakukan,” kata General Manajer PT. Pelindo IV Cabang Jayapura, Jusuf Yunus, di Jayapura, Selasa (9/6/2015).

Kapal tunda atau tugboat adalah kapal yang dapat digunakan untuk melakukan manuver/pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan.

Kapal tunda digunakan pula untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya.

“Kapal tunda digunakan pada saat sandar atau lepas kapal untuk kegiatan di dermaga akan ditunda atau istilahnya dilakukan penggandengan. Jadi, disamping ada mesinnya sendiri untuk olah gerak, kita bantu juga dengan kapal tunda untuk mempemudah atau mengamankan dalam proses olah gerak kapal di pelabuhan,” katanya.

Besarnya nilai investasi untuk membuat kapal tunda, ungkap Yunus, menjadi alasan utama mengapa Pelindo Jayapura baru bisa mengadakan unit tersebut di 2015.

“Selama ini belum ada kapal tunda di Pelabuhan Jayapura. Baru kita adakan ini karena memang investasinya cukup besar, penyusutan kapal kita di atas Rp 130 juta dalam satu bulan,” ucapnya.

Karenanya, kapal tunda yang dimiliki Pelindo Jayapura bukan unit baru tetapi yang telah dilakukan perbaikan secara menyeluruh termasuk mengganti dua mesinnya yang total berkekuatan dua ribu tenaga kuda.

“Jadi kita juga pakai kapal bekas tapi sudah dilakukan repowering dan nilai aset itu sekitar Rp 20 miliar,” katanya.

Keberadaan kapal tunda tersebut, terang Yunus, hingga kini telah bermanfaat bagi proses kepelabuhanan. Namun tidak hanya itu, unit tersebut juga telah berguna bagi hal lainnya, seperti membantu pemadaman kebakaran yang terjadi di pesisir pantai.

“Kemarin ada kebakaran. Kalau ada yang lihat situasi di mana kapal tunda kita berperan aktif di dalam melakukan pemadaman dari sisi laut,” ucapnya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Aktivitas Pelindo Jayapura Telah Didukung Kapal Tunda