Akademisi Desak NZ dan Australia Definisikan Kembali Perannya di Pasifik

share on:
Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama. Foto: Supplied/RNZ
Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama. Foto: Supplied/RNZ

Jakarta, Jubi – Sebuah akademik dari Selandia Baru mengatakan, ada kebutuhan untuk negaranya dan Australia mendefinisikan kembali peran kedua negara itu di Pasifik di tengah-tengah kebuntuan yang sedang berlangsung dengan pemimpin Fiji, Frank Bainimarama.

Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama, mengatakan dirinya tidak akan mengambil tempatnya di puncak pemimpin “Pacific Islands Forum” karena pengaruh yang tidak semestinya dipegang oleh Selandia Baru dan Australia.

Dia juga mengkritik kurangnya tindakan pada isu-isu penting bagi Pasifik seperti perubahan iklim.

Direktur Massey University Pasifika Centre, Malakai Koloamatangi, mengatakan pandangan Frank Bainimarama memiliki banyak validitas, meskipun ia bisa menganganinya dengan cara-cara yang lebih diplomatis.

Namun, Malakai Koloamatangi mengatakan, keruwetan memberikan Selandia Baru dan Australia kesempatan untuk terlibat dengan Bainimarama dengan cara baru.

“Bingkailah itu dengan cara yang terdengar dan terlihat seperti anda sedang mendefinisikan kembali hubungan dan kebijakan anda dengan Pasifik, daripada memperbaiki kesalahan dan sebagainya. Jadi jangan lakukan itu, lakukan yang positif untuk mengatakan kami melihat kembali, mendefinisikan ulang peran kita di Pasifik dan Fiji akan membantu kita untuk melakukan itu,” kata Malakai Koloamatangi, mengutip Radio New Zealand, Selasa (12/5/2015). (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Akademisi Desak NZ dan Australia Definisikan Kembali Perannya di Pasifik