Enam Tersangka Teroris Ditahan di Inggris

share on:
Ilustrasi - IST
Ilustrasi – IST

London, Jubi/Antara/AFP – Kepolisian Inggris menahan enam orang yang dicurigai melakukan terorisme setelah pihak berwenang Turki menghadang sebuah kelompok yang sedang menyeberangi perbatasan menuju Suriah, kata polisi.

Empat orang, yang berumur antara 22 dan 47 tahun, ditangkap di bandar udara Manchester di bagian utara Inggris barat pada Rabu (15/4/2015) dini hari, menyusul penangkapan pada Selasa terhadap seorang pria berusia 21 tahun di bandara Birmingham di Inggris tengah serta seorang pria 31 tahun di Rochdale, dekat Manchester.

Kesemua enam tersangka masih berada di bawah penahanan polisi untuk menjalani pemeriksaan, demikian menurut sebuah pernyataan dari Kepolisian Manchester Raya.

Penyelidikan dilakukan setelah sembilan orang –lima dewasa dan empat anak-anak– dihentikan oleh pihak berwenang Turki saat berupaya menyeberang masuk ke Suriah bulan lalu.

Turki mendeportasi kesembilan warga Inggris itu, termasuk putra seorang anggota dewan dari Rochdale, pada Selasa, dua hari setelah menahan mereka karena berupaya menyeberang ke Suriah untuk bergabung dengan para pejihad, kata laporan kantor berita resmi Turki, Anatolia.

Keempat anak-anak telah ditempatkan dalam pengawasan seorang penjaga.

Turki sedang berada di bawah tekanan sekutu-sekutu Baratnya untuk menghentikan arus para warga negara Eropa yang melintasi negaranya untuk bergabung dengan kelompok-kelompok garis keras seperti Negara Islam. Dalam bulan-bulan terakhir ini, Turki telah melakukan sejumlah penahanan. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Enam Tersangka Teroris Ditahan di Inggris