Pejabat Fungsional Dituntut Jalankan Tugas Secara Profesional

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Jubi/Alex)
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Jubi/Alex)

Jayapura, Jubi – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengatakan, dengan adanya perubahan lingkungan organisasi yang begitu cepat, menuntut setiap pejabat fungsional melakukan tugas secara profesional sesuai kopetensi yang dimiliki.

“Keberadaan jabatan fungsional dalam organisasi miliki posisi yang sangat penting. Untuk itu, mereka dituntut untuk bekerja secara profesional,” kata Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Minggu (12/10).

Disamping itu, ujar Enembe, kebijakan manajemen karier melalui jabatan fungsional tak lepas dari nilai-nilai dasar manajemen kepegawaian, yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur aparatur negara yang netral, professional, akuntabel, bermoral tinggi, berinovasi serta perekat pemersatu bangsa dalam bingkai NKRI.

Lanjutnya, pengangkatan PNS dalam suatu jabatan juga dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalisme, sesuai dengan kompetensi prestasi kerja dan jenjang pangkat yang ditetapkan untuk jabatan itu.

“Untuk mewujudkan PNS yang professional diperlukan upaya pembinaan karier yang terarah, sistematis, optimal dan berkesinambungan. Optimalisasi pembinaan karier PNS dapat dilakukan dengan mengembangkan jalur jabatan karier, baik melalui jabatan struktural maupun jabatan fungsional,” katanya.

Sementara manfaat dari jabatan fungsional tertentu adalah, mendukung prosedur kerja, menjaga konsistensi dalam menjalankan tugas jabatan fungsional tertentu, mengetahui tugas pokok, dan fungsi yang dijalankan serta mengembangkan karier melalui jabatan fungsional.

“Jabatan fungsional tertentu adalah kedudukan yang mewujudkan tugas, tanggung jawab wewenang hak seorang PNS dalam satu satuan organisasi perangkat daerah yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri,” kata Enembe.

Untuk mencapai tujuan itu, ujar Enembe, diperlukan persiapan berupa peningkatan kapasitas kerja, antara lain melalui bimbingan teknis jabatan fungsional tertentu di lingkungan Pemprov Papua.

“Ini memiliki arti yang sangat penting, guna meningkatan pemahaman pada setiap pemegang atau pemangku jabatan fungsional pada Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) masing–masing,” katanya. (Alexander Loen)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pejabat Fungsional Dituntut Jalankan Tugas Secara Profesional