PASAR YOUTEFA AKAN DIJADIKAN WADUK SERAPAN

share on:

 

GAMBAR PASAR YOUTEFA (JUBI/SINDUNG)
GAMBAR PASAR YOUTEFA (JUBI/SINDUNG)

Jayapura, 19/8 (Jubi) – Tak hanya merelokasi Pasar Youtefa, Kota Jayapura dilahan baru, tapi rencananya pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jayapura akan menjadikan lokasi Pasar Youtefa yang tepat berada di Kelurahan Whai
Mhorock, Abepura, Kota Jayapura sebagai penampungan air atau waduk serapan.

“Ini sebagai alih fungsinya ke depan. Kita akan mengalih fungsikan ini sebagai waduk,” kata Kepala Dinas PU Kota Jayapura,
Jenny Karindra, saat ditemui di ruang kerja di Kantor Walikota Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (19/8).

Karindra mengungkapkan pengalihan, lokasi Pasar Youtefa ini nantinya, untuk menyaring racun- racun hasil produksi manusia di wilayah Abepura dan Heram yang terbawa air jika turun hujan melalui kali Acai yang akan masuk ke laut di Teluk Humbold.

“Sehingga air yang sudah disaring ini tidak mencemarkan lingkungan. Sebab air akan terserap di waduk, sehingga racun- racun yang ada di daerah pasar itu akan tersaring dulu sebelum kita buang ke laut,” katanya.

Meski belum memastikan kapan dibuatnya waduk tersebut, akan tetapi hal itu akan ditindaklanjuti setelah aktifitas Pasar Youtefa dipindahkan ke lokasi pasar baru yang direncanakan pemerintah kota untuk dibangun.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Jayapura, Ketty Keilolasaat dikonfirmasi memgemukakan, pihaknya telah melakukan kajian dan dengan hasil tidak layak pembangunannya. “Kita pernah lakukan kajian sehingga jika dibuat waduk tentunya akan lebih berguna,” tukasnya. (Jubi/Sindung)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PASAR YOUTEFA AKAN DIJADIKAN WADUK SERAPAN