PROGRAM GERMANI HARUS DIGAUNGKAN KEMBALI

share on:
Kadis Kesehatan Merauke, Stef Osok dampingi Bupati merauke tinjau ruangan (Jubi/Ans)

Merauke, Jubi (12/11)—Gerakan Makan Ikan (Germani) yang merupakan salah satu program kerja dari Bupati dan Wakil Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT-Sunarjo, S.Sos harus digaungkan kembali oleh semua stakeholder. Tidak hanya menjadi tanggungjawab orang kesehatan.

Permintaan itu disampaikan Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT saat memberikan sambutan pada peringatan HKN yang berlangsung di Distrik Muting Selasa (12/11).

Menurutnya, program Germani sangat bermanfaat terutama bagi ibu hamil. Karena ketika mengkonsumsi ikan dan kuah secara kontinyu, akan memberikan manfaat sangat besar terutama pertumbuhan dan kemampuan dari anak.
“Saya lahirkan program Germani karena sudah terbukti. Banyak orang  sangat pintar  lantaran mengkonsumsi ikan secara rutin ketika masih dalam rahim ibunya. Cara memasak pun sangat sederhana. Air dimasak dan ikan dimasukan. Setelah mendidih, diangkat dan bisa dimakan dan diminum,” katanya.

Ditegaskan, untuk menggaungkan program dimaksud, tidak hanya menjadi tugas serta tanggungjawab tenaga medis. Tetapi aparatur di tingkat distrik dan kampung harus terlibat secara langsung. “Kita harus menyuarakan secara bersama-sama tentang Germani. Sehingga semua orang terutama ibu hamil sadar untuk mengkonsumsi,” pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Stef Osok menambahkan, selama ini pihaknya telah mengingatkan kepada tenaga medis baik di puskesmas maupun pustu agar menggelorakan tentang Germani. Karena banyak dampak positif didapatkan terutama anak yang masih dalam kandungan ibunya. (Jubi/Ans)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PROGRAM GERMANI HARUS 	DIGAUNGKAN KEMBALI