TOLAK PEMEKARAN, MAHASISWA PAPUA DATANGI DPR RI

share on:
Mahasiswa Papua, saat aksi di depan Gedung DPR-RI (Jubi/Jackson Ikomou)

Jayapura, 04/11 (Jubi) – Puluhan masa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) wilayah Jawa Barat berunjuk rasa di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, (4/11/13) Pukul 10.30 Wib. siang tadi. Masa aksi juga membentangkan spandunk yang tertulis “Tolak Pemekaran 3 Provinsi dan 33 Kab. Kota di Seluruh Tanah Papua.” 

Disela-sela aksi yang digelar, kepada tabloidjubi.com, jurubicara aksi, Wenas Kobogau mengatakan penolakan ini menanggapi pemekaran 33 Daerah Otonomi Baru (DOB) di Tanah Papua yang disepakati dalam rapat sidang paripurna DPR pada Kamis (24/10) lalu. Pemekaran ini terdiri dari 19 kabupaten, dua kota di Provinsi Papua; dan delapan kabupaten, satu kota di Provinsi Papua Barat serta tiga propinsi baru.

“Tidak adanya evaluasi terhadap penyelenggaraan pembangunan di kabupaten, kota dan provinsi pemekaran yang lama sebenarnya menunjukkan sikap Jakarta yang sedang menyembunyikan kepentingan lain dibalik pemekaran,” Kata Jurubicara AMP Wenas Kobogau, dalam orasinya.

“Berikan kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua. Stop marjinalkan orang Papua,” tegasnya.

Wenas juga menegaskan, pemekaran ini akan berpengaruh pula pada struktur teritori militer (TNI-Polri) untuk melalukan operasi-operasi Militer di Papua, bahkan melakukan pendekatan militer di Tanah Papua.
“Pemekaran wilayah juga membuka peluang bagi militer untuk menjalankan bisnis gelap seperti mem-back-up illegal logging, prostitusi dan pemasok miras,” tambah Wenas.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe menolak semua usulan Daerah Otonomi Baru (DOB). Pasalnya masyarakat yang berada di wilayah paling Timur Indonesia ini, dinilai tidak membutuhkan pemekaran.

“Rakyat Papua tidak membutuhkan Pemekaran di tanah Papua. untuk itu, saya menolak seluruh usulan Daerah Otonomi Baru,” kata Gubernur Lukas Enembe melalui kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi Papua, Sendius Wonda lewat press Rilis kepada wartawan, di Jayapura, Kamis (3/10). (Jubi/Jackson Ikomou)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TOLAK PEMEKARAN, MAHASISWA PAPUA DATANGI DPR RI