ABBOTT DIMINTA JELASKAN PERNYATAANNYA KEPADA NEGARA-NEGARA PASIFIK

share on:
Presiden pertama Vanuatu, Ati George Sokomanu (Dok. Jubi)

Jayapura, 12/10 (Jubi) – Presiden pertama Vanuatu, Ati George Sokomanu , mengutuk komentar Perdana Menteri Australia, Tony Abott. Abbott mengatakan akan menekan aktivis Papua Barat yang melakukan aksi menentang Indonesia.

Abbott, kata Sokomanu perlu menjelaskan pernyataan tersebut kepada para pemimpin Pasifik.

Sokomanu mengatakan Australia dapat menangani masalah imigrasi melalui pengadilan tetapi memiliki kewajiban untuk berbicara tentang isu-isu hak asasi manusia .

“Australia menjadi salah satu tetangga terdekat kami, termasuk Selandia Baru. Saya pikir demi rakyat Papua Barat, dengan hak-hak mereka, Australia dengan Selandia Baru harus memperluas pandangan mereka untuk memberikan dukungan dan melakukan apapun yang mereka bisa untuk membantu rakyat Papua untuk mencapai kemerdekaan mereka.” kata Sokomanu kepada Jubi, Sabtu (12/10).

Senin lalu, Abbott mengeluarkan pernyataan yang mendapatkan kecaman dari negara-negara di Pasifik.

“Orang-orang yang melakukan aksi menentang Indonesia, jangan melakukan itu di Australia, kalian tidak diterima. Berikutnya, situasi di Papua Barat semakin membaik, bukan buruk.” kata Abbott.

Pernyataan Abbott ini disampaikan setelah tiga orang warga Papua memanjat dinding konsulat Australia di Bali dan masuk ke dalam kantor konsulat tersebut. (Jubi/Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  ABBOTT DIMINTA JELASKAN PERNYATAANNYA KEPADA NEGARA-NEGARA PASIFIK