KENIUS KOGOYA: PRESTASI ANJLOK KARENA KONI AMBURADUL

share on:
Ilustrasi KONI Papua. (IST)

Jayapura, 30/8 (Jubi) – Komisi E DPR Papua yang membidangi olahraga menilai anjloknya prestasi Papua dalam beberapa tahun terakhir di even olahraga nasional lantaran managemen KONI Papua amburadul.

Ketua Komisi E DPR Papua, Kenius Kogoya mengatakan, untuk itu harus segera dilakukan Musyawarah Daerah Provinsi (Musdaprov) guna memilih kepengurusan yang baru.

“Papua memiliki atlet yang mumpuni. Namun prestasi olahraga kita anjlok karena managemen KONI yang amburadul. Jadi itu harus segera di benahi. Selain itu pengurus KONI Papua yang ada sekarang ini harusnya sudah dimisoner karena masa kerja mereka sudah selesai. Jangan karena alasan pelaksanaan Poprov kemudian kepengurusan ini terus dipertahankan,” kata Kenius Kogoya via selulernya, Jumat (30/8).

Menurutnya, pihaknya mendesak agar Gubernur dan Wakil Gubernur Papua segera mengambil langkah-langkah bagaimana mempercepat proses Musdaprov. Proses Porprov silahkan jalan, namun Musdaprov juga harus disiapkan pelaksanaannya.

“Selain itu di KONI Papua memang banyak pengurus. Namun hanya beberapa orang saja yang benar-benar bekerja. Disamping itu sudah berumur, sehingga perlu ada regenerasi kepemimpinan. Anjloknya prestasi olahraga Papua di iven nasional sudah harusnya menjadi bahan evaluasi. Kita semua berharap prestasi Papua dalam PON 2019 di Jawa Barat bisa lebih baik lagi. Minimal bisa masuk 10 besar. Jangan seperti yang lalu dimana Papua berada di bawa 10 besar,” ujar Kenius.

Pasca anjloknya prestasi Papua di ajang PON XVIII Pekanbaru lalu, KONI Papua terus menjadi sorotan sejumlah pihak. Baik pengamat olahraga, maupun pihak legisltaif. Beberapa diantarnya bahkan menilai anggaran RP. 95 milliar yang digelontorkan ke KONI Papua untuk mengikuti PON disalahgunakan.

“DPR Papua telah berjuang dalam pembahasan APBD 2012 lalu agar dana PON mencukupi. Banyak kepentngan lain masyarakat Papua yang dikorbankan demi membiayai PON. Sebagai mantan ketua Komisi E, saya sangat sedih dengan hasil PON lalu. Jadi kita jangan lagi saling menyalahkan. Kedepan bagainama kita mengambil langkah untuk bisa lebih baik lagi,” kata anggota Komisi E DPR Papua, Max Mirino. (Jubi/Arjuna) 

Tags:
Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KENIUS KOGOYA: PRESTASI ANJLOK KARENA KONI AMBURADUL