KEBESARAN HATI TOKOH POLITIK PAPUA, JOHN IBO

share on:
Tokoh Politik Papua, John Ibo. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 30/8 (Jubi) – Ketua DPR Papua, John Ibo menunjukkan kebesaran hati ketika diganti dengan hormat dari jabatannya sebagai Ketua DPR Papua.

John Ibo, politisi senior yang dibesarkan partai Golkar dan menjadi salah satu tokoh politik Papua mengatakan, ia sama sekali tidak keberatan dan legowo dengan proses penggantian dirinya dengan hormat dari kursi pimpinan DPR Papua.

“Sebagai orang politik, saya mengerti tentang aturan. Saya menerima apa yang diproses DPRP seusai dengan ketentuan hukum. Saya terima dengan berbesar hati. DPRP telah memproses secara aturan, mengusulkan penggantian saya sesuai perundangan yang berlaku. Saya berterimakasih kepada DPRP yang telah melakukan proses ini, mengganti saya secara bermartabat dalam persoalan politik,” kata John Ibo saat menghubungi  tabloidjubi.com, via telpon, Jumat (30/8).

Menurut John, yang pernah dua periode memimpin Golkar Papua ini, meski ia merasa dibuang oleh partai yang dibesarkan dan diperjuangkannya selama hampir 40 tahun dan merasa ditinggalkan oleh para sahabatnya di Golkar, namun terkadang masih merindukan Golkar. “Saya merasa telah ditinggalkan oleh sahabat-sahabat saya di Golkar, padahal saya masih memiliki keinginan melanjutkan karir politik saya lewat partai Golkar yang selama hampir 40 tahun saya perjuangkan,” ujarnya. Ia menilai, dalam transisi pergantian pengurus, pengurus baru seakan membuang saya dan seakan tidak menghargai apa serta jasa yang saya lakukan dalam mempertahankan kebesaran Golkar selama hampir 40 tahun.

“Saat saya merasa terbuang terkadang saya masih merindukan Golkar. Kini Bersama Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra, saya akan melanjutkan perjuangan politik saya. Saya mengucapkan terimakasih kepada Golkar yang telah membesarkan saya dan meletakkan tanggungjawab kerakyatan di pundak saya dan saya telah melakukannya dengan rasa tanggung jawab dua periode memimpin Golkar serta kepercayaan Golkar kepada saya memimpin DPR Papua. Saya akan melanjutkan perjuangan saya bersama Partai Gerindra dan saya tetap berjuang sebagai kader politik dan meningkatkan perjuangan serta karir politik saya melalui partai Gerindra sesuai visi dan misi partai Gerindra yang menyatukan seluruh rakyat Indonesia di dalam Indonesia Raya,” katanya.

“Dalam kekuatan partai Gerindra yang memiliki misi mensejahterakan rakyat Indonesia, saya akan berjuang untuk mewujudkan itu bersama rekan-rekan di Gerindra,” ujarnya lagi. Bagi dia, Gerindra adalah partai yang memiliki misi politik jelas untuk mensejahterakan rakyat dan menyatukan Indonesia serta mengembalikan apa harus menjadi hak rakyat.

“Kami akan memperjuangkan tugas kenegaraan dan kami akan berjuang mengembalikan kepada rakyat apa yang menjadi hak-hak rakyat. Perjuangan orientasi saya demi rakyat. Untuk adik-adik dan rekan di Golkar silahkan berjuang dan kami Gerindra akan berjuang dalam Pemilu 2014. Nanti kita akan bertanding di arena DPRP untuk memperjuangkan aspirasi rakyat,” kata John Ibo.

Sebelumnya, John Ibo diberhentikan dengan hormat dari posisinya sebagai Ketua DPR Papua, Kamis 29 Agustus. Pemberhentian itu diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR Papua.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRP Yunus Wonda mengatakan, pemberhentian John Ibo sebagai Ketua DPRP bukan keinginan pribadi ataupun kelompok. Namun aturanlah yang menjadi landasannya. “Mewakili pimpinan dan seluruh anggota DPRP, saya menyampaikan maaf kepada semua pihak, terutama saudara John Ibo atas proses ini. Keputusan ini bukan keinginan kami, rekan pimpinan dan seluruh anggota DPRP, tapi karena aturan perundang-undangan dan aturan partai politik yang dilaksanakan,”ujar Yunus Wonda. (Jubi/Arjuna)  

Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KEBESARAN HATI TOKOH POLITIK PAPUA, JOHN IBO