Kampanye Ricuh, HMS diamankan di Polres Yahukimo

share on:
Pasangan Habel Suwae – Yop Kogoya, usai pawai kampanye damai di Kota Jayapura (Jubi/Eveerth)

Jayapura, (18/01)—Selain rusuh di Wamena, Kampanye terbuka Calon Gubernur (Cagub) Papua juga rusuh di Dekai, Yahukimo. Cagub Habel Suwae diamankan di Kepolisian Resort (Polres) Yahukimo.

Kericuhan terjadi sekitar pukul 18.00 WIT, saat pasangan nomor urut enam ini akan mengakhiri kampanye mereka di Kantor Bupati Lama, Dekai, Yahukimo.

Ferry Dabla, seorang warga Dekai melalui telepon seluler (18/01), kepada tabloidjubi.com menyebutkan kericuhan terjadi karena massa tidak menerima pernyataan juru kampanye (Jurkam) HMS.
“Akar permasalahan karena pembicaraan team kampanye tidak diterima massa atau salah menanggapi. Saat itu Edo Kondologit, meminta anak-anak yang ada disekitar panggung kampanye untuk merendahkan suara mereka. Namun massa mengira Edo Kondologit menyuruh massa untuk diam. Massa kemudian marah.” kata Ferry.
“Kalau kita anak kecil, kenapa kamu datang mau kampanye ke kita disini?” lanjut Ferry menirukan kata-kata massa yang marah kepada Jurkam HMS.

Salah tanggap ini membuat sebagian massa mulai melempari tim kampanye HMS yang berada diatas panggung. Habel Suwae, yang berada diatas panggungpun tak luput dari lemparan batu massa ini. Lemparan batu ini kemudian dibalas oleh massa pendukung HMS. Saling lempar batupun terjadi sehingga mengakibatkan 1 orang polisi dan 4 orang warga terluka.
“Saat ini masyarakat masih baku jaga. Suwae dan teamnya dari hotel dipindahkan ke Polres Yahukimo.” ujar Ferry.

Ferry yang hadir dalam kampanye HMS ini juga mengatakan isu yang menyebutkan kericuhan tersebut disebabkan oleh hasutan aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Yahukimo, tidak benar.
“Isu yang mengatakan KNPB Yahukimo yang terlibat dalam kericuhan tersebut, tidak benar. Itu murni antar masyarakat.” (Jubi/Benny Mawel)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kampanye Ricuh, HMS diamankan di Polres Yahukimo