Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Trigana optimalkan armada, angkut BBM dan bapok ke Wamena
  • Jumat, 22 September 2017 — 17:43
  • 1179x views

Trigana optimalkan armada, angkut BBM dan bapok ke Wamena

Menjawab dan mengatasi kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) khususnya jenis premium di tingkat pengecer yang terjadi hampir sebulan ini di Wamena, PT Trigana Air Service akan mengoptimalkan seluruh armada yang masuk ke Wamena.
BBM yang diturunkan dari pesawat Trigana di Bandara Wamena - Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Wamena, Jubi – Menjawab dan mengatasi kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) khususnya jenis premium di tingkat pengecer yang terjadi hampir sebulan ini di Wamena, PT Trigana Air Service akan mengoptimalkan seluruh armada yang masuk ke Wamena.

Pimpinan Trigana Air Service Wamena, Michael Biduri, dalam siaran persnya yang diterima Jubi, Jumat (22/8/2017), mengatakan sesuai dengan keputusan manajemen Trigana pusat, dua pesawat Boeing kargo seri 300 ditambah satu pesawat ATR 72 untuk mengangkut kebutuhan pokok.

“Tanggal 24 September 2017, satu pesawat Boeing kami dijadwalkan masuk rencana perawatan ganti mesin dan lamanya sekitar 1,5 bulan. Namun itu tetap akan memaksimalkan satu pesawat cargo lainya untuk angkut BBM,” kata Michael Biduri.

Dikatakan, satu pesawat Boeing kargo yang khusus mengangkut BBM ke Wamena dari Jayapura. Jika cuaca bagus bisa beroperasi dari pagi hingga sore. Ada yang bisa mengangkut 60 hingga 64 drum dan 80 hingga 84 drum.

Dalam sehari jika cuaca mendukung, bisa 4 hingga 5 kali terbang mengangkut khusus BBM. Berarti, dalam sehari pesawat Trigana bisa membawa antara 300 hingga 600 drum, tergantung jenis pesawat yang digunakan.

“Dan ini sudah berlangsung sejak Kamis (21/9/2017) ditambah dengan ATR-72 yang dikhususkan mengangkut bahan pokok. Pesawat jenis ATR sekali angkut bisa sampai 6 ton barang. Dalam sehari bila cuaca mendukung bisa 3 hingga 4 kali terbang,” ucap Michael.

Michael juga mengakui sejak diterapkan optimalisasi armada Trigana untuk angkut BBM dan bahan pokok ke Wamena, ada beberapa nama yang masuk dalam manifest atau daftar muatan yang sebelumnya tidak pernah masuk di angkutan Trigana yaitu BBM subsidi.

“Apa yang dilakukan Trigana Air Service ini telah maksimal. Meski begitu, tanpa dukungan operasional dari aviasi lain tetap akan terjadi kelangkaan BBM dan bahan pokok masyarakat serta bahan bangunan. Makanya, semua aviasi kargo yang beroperasi di Wamena saling terkait, jika salah satu tidak maksimal terbang, tentu berpengaruh terhadap ketersediaan kebutuhan masyarakat,” ucap Biduri.

Warga Wamena, Stefanus, mengaku dirinya hari Jumat (22/8/2017) ini membeli BBM jenis premium untuk kendaraan roda duanya dengan harga Rp 50 per liter.

“Kawan, tadi sa isi bensin di sekitar jalan Yos Sudarso, Wamena, sudah harga Rp 50 per liter. Sa cuma beli dua liter saja,” kata Stefanus. (*)

 

loading...

Sebelumnya

BBM langka di Wamena, DPRD Jayawijaya panggil Disperindag dan aviasi

Selanjutnya

Tarian adat sambut kehadiran pesawat kargo di Yahukimo

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe