Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Pemerintah Pusat siap bantu membiayai sepuluh GOR venue PON 2020
  • Sabtu, 19 Agustus 2017 — 08:51
  • 995x views

Pemerintah Pusat siap bantu membiayai sepuluh GOR venue PON 2020

"Venue yang disiapkan dan sudah direncanakan antara lain, yang Timika itu ada golf, atletik, basket, rugby. Akan ditambah futsal dan sepakbola," kata Suwarno.
Ruang dalam GOR Waringin Kotaraja, siap direnovasi menjadi salah satu venue PON 2020 – Jubi/Jean Bisay
Andreas Weleurat
andreasweleurat@gmail.com
Editor : Jean Bisay

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua Umum I KONI Pusat Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Bidang Pembinaan Organisasi, Mayjen TNI (Purn) Suwarno, S.Ip, M.Sc mengatakan, kehadirannya di Jayapura selama 2 hari substansinya adalah terkait dengan konsolidasi persiapan PON 2020 di Papua.

KONI Pusat sudah melihat adanya perencanaan tentang penyelenggaraan PON, dimana lebih bertumpu pada penyiapan venue-venue.

"Venue yang disiapkan dan sudah direncanakan antara lain, yang Timika itu ada golf, atletik, basket, rugby. Akan ditambah futsal dan sepakbola," kata Suwarno.

Di Wamena sudah disiapkan satu lapangan sepak bola ditambah catur. Ini tergantung pada kemampuan kabupaten Wamena. Untuk Biak sudah menyiapkan satu lapangan dan tambahan untuk GOR. Begitu juga Merauke lapangan bola dan satu GOR.

"Selebihnya itu akan ditampung di Jayapura. Potensi disini yang sudah tergelar, Sentani untuk olahraga air, dirgantara bisa sekitar sini maupun di Biak. Dimana dirgantara ada terjun payung, terbang layang, paralayang, gantole dan aeromodeling," katanya merinci.

Cabang-cabang lain konsepnya adalah menggunakan Sentani untuk danaunya olahraga air, sky, dayung, selam. Layar akan dilihat potensi angin serta renang laut terbuka.

Perkembangan terakhir disamping memonitor, PB PONPapua menyiapkan sepuluh gedung olahraga (GOR). Sepuluh GOR itu nanti kita akan lihat dimana masing-masing cabang olahraga yang disiapkan agar GOR itu agar hasilnya akan bisa standar.

“Sehingga kalau venuenya standar, otomatis atlet yang disiapkan prestasinya bisa dinilai bahwa, ya ini standar, jadi bisa diakui tentang prestasinya. Tetapi kalau GOR itu tidak standar, maka digunakan pada pertandingan itu sendiri," katanya.

"Sebelum kami berangkat kesini, kami di Jakarta sudah berbicara untuk memasukan hal-hal yang perlu untuk mengisi Inpres PON yang akan dikeluarkan Presiden, sekaligus peran dari masing-masing kementrian yang akan mendukung PON 2020," kata Suwarno panjang lebar.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku telah membahas persiapan Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional dan Pekan Paralimpik Nasional 2020 bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sebagian besar (rapat terbatas) membahas PON dan dalam waktu dekat Presiden mengeluarkan Inpres PON di Papua," ujar Lukas Enembe di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (19/7/2017). (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Mauricio Leal, kesan pertama begitu menggoda

Selanjutnya

INASGOC berharap lewat SIWO, demam Asian Games menggema ke penjuru Indonesia

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe