Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Penanaman pohon di Kota Jayapura gunakan aplikasi ODK Collect
  • Kamis, 17 Agustus 2017 — 19:18
  • 862x views

Penanaman pohon di Kota Jayapura gunakan aplikasi ODK Collect

Penanaman pohon di beberapa wilayah di Kota Jayapura digunakan aplikasi Open Data Kit (ODK Collect). Alat ini dapat membantu pengambilan data atau sebagai data entri menggunakan perangkat smartphone.
Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano, ketika hendak menanam pohon di salah satu bukit di Kota Jayapura – Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi  – Penanaman pohon di beberapa wilayah di Kota Jayapura digunakan aplikasi Open Data Kit (ODK Collect). Alat ini dapat membantu pengambilan data atau sebagai data entri menggunakan perangkat smartphone.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura, Ketty Kailola, kepada sejumlah wartawan, Kamis (17/8/2017).

“Data yang diambil di lokasi yang berbeda akan terkumpul di satu server. Jadi secara teknis kami menggunakan aplikasi ODK Collect, dimana pada saat penanaman kita bisa mengambil foto, kemudian memberikan keterangan dalam formulir yang diisi seperti apa jenis pohonnya, lokasinya dimana, berapa tinggi pohon dan koordinatnya yang muncul secara otomatis. Setelah itu kita kirim ke server WWF yang merupakan mitra kerja kami,” katanya.

 

Penanaman pohon dapat di monitoring pertumbuhan dan perkembangannya melalui foto dan koordinat GPS. Aplikasi itu telah digunakan sejak Desember 2016 untuk memonitoring presentasi pertumbuhan pohon yang telah ditanam di atas lahan kritis seluas lima hektar yang kini telah mencapai 50 persen.

Ketty mengatakan, hal serupa juga digunakan pada penanaman 1.111 pohon yang dilakukan baru-baru ini diatas lahan kritis seluas satu hektar.

“Saat ini kami belum memiliki server, sehingga tenaga teknis kami bekerja sama dari WWF menggunakan server WWF untuk monitoring kembali pohon yang telah kita tanam. Perkembangan pohon itu sudah bisa kita ketahui tingginya berapa, berapa yang rusak, kita bisa tahu dari aplikasi itu. Bahkan kita juga bisa membuat peta dari data aplikasi tersebut,” kata Ketty.

Ditambahkannya, keuntungan yang diterima dari aplikasi itu adalah sangat mudah dalam monitoring pertumbuhan pohon-pohon setiap enam bulan sekali.

“Sekaligus kami bisa memasyarakatkan proses penanaman pohon di Kota Jayapura dengan target semua lahan kritis di Kota Jayapura dapat kita monitoring. Kami mengajak semua komponen masyarakat untuk mencintai lingkungan lewat penanaman pohon dan menggunakan aplikasi ODK Collect,” katanya.

Sementara itu, Filep Ireeuw, mengatakan banyak pohon yang sudah ditanam oleh pemerintah tetapi tidak dipelihara baik oleh masyarakat.

“Saya berharap ke depan apabila dilakukan sosialisasi harus libatkan masyarkat agar benar-benar mereka menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Atau tidak menebang pohon sembarangan,” katanya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Wali Kota apresiasi Paskibra Kota Jayapura

Selanjutnya

FKUB Kota Jayapura: Masyarakat jangan terjerumus radikalisme

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe