Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Bomberai
  3. Mantan Wakil Ketua DPRD gugat anggota DPRD Kaimana ke PTUN
  • Kamis, 17 Agustus 2017 — 11:27
  • 668x views

Mantan Wakil Ketua DPRD gugat anggota DPRD Kaimana ke PTUN

Sebanyak 17 orang anggota DPRD, Plt Sekretasis Dewan, dan Kabag Risalah dan Perundang-Undangan DPRD Kaimana, digugat  secara perdata oleh mantan Wakil Ketua DPRD Kaimana, Adjid. Hi. Kadir, ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Jakarta.
Ketua dpRD Kabupaten Kaimana, Frans Amerbay - Jubi/Jacob Owen
Jacob Owen
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Kaimana, Jubi – Sebanyak 17 orang anggota DPRD, Plt Sekretasis Dewan, dan Kabag Risalah dan Perundang-Undangan DPRD Kaimana, digugat  secara perdata oleh mantan Wakil Ketua DPRD Kaimana, Adjid. Hi. Kadir, ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Jakarta.

Gugatan terhadap 17 anggota DPRD beserta dua apparatus sipil negara (ASN) Pemkab Kaimana, karena dianggap  terlibat dalam pencopotan, Adjid Hi Kadir, sebagai unsur Pimpinan DPRD dari Partai Demokrat, yang saat ini surat pengusulan pergantian jabatan Wakil Ketua I oleh  DPC Partai Demokrat, menindaklanjuti surat DPP Demokrat pada Juni 2017 lalu.

”Kami gugat 17 anggota DPRD dan Plt Sekwan serta Kabag Risalah dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD atas penandatangan persetujuan pergantian Adjid Hi Kadir dari pimpinan, disitu tertulis rapat internal. Ini yang menjadi celah bagi kami untuk mengugat karena dieraturan pemerintah tidak pernah ada yang mengataka rapat internal.  Jadi kata internal yang biasa dipakai ini yang perlu kami lawan secara hukuk=m agar semua bisa tahu. Jangan menjadikan yang salah menjadi biasa,” kata Kuasa Hukum Adjid Kadir, Faisal Tura, Jubi, di Kaimana, Selasa (15/8/2017).

Selain 17 anggota DPRD Kaimana dan dua staf Setwan, kata Faisal Tura, gugatan lainya juga ditujukan ke DPD dan DPP Partai Demokrat.

“Klien saya membawa kasus ini ke pengadailan karena sudah tidak ada ruang lagi untuk dialog. Beliau ini tidak tahu apa kesalahanya. Artinya kalau ada kesalahan di pemerintahan sana ada mekanisme untuk memberhentikan atau mengantikan jabatan, yakni teguran lisan dan tertulis. Kalau dinilai tidak loyal misalnya, dipanggil tidak bisa datang, atau tidak ada kontribusi kepada partai, barulah langkah untuk melakukan pergantian pimpinan. Tetapi ini kan tidak ada. Partai langsung eksekusi sepihak dan diakomodir oleh pimpinan yang disetujui oleh 17 anggota DPRD. Atas dasar itulah kami menempuh secara hokum. Apalagi mekanismenya tidak melalui Bupati,” jelasnya.

Ketua DPRD Kaimana, Frans Amerbay, saat ditemui Jubi di Kantor DPRD Kaimana, mengatakan terkait gugatan hukum itu adalah hak dari setiap orang yang merasa dirugikan.

”Kami kan hanya menindaklanjuti surat dari partai yang mengingkan agar ada pergantian jabatan pimpinan DPRD kepada anggota partai yang lain di DPRD ini. Jadi dalam rapat itulah kami membicarakan dan memutuskan untuk merekomendasikan permintaan partai tersebut kepada Gubernur melalui Pemerintah Kabupaten Kaimana. Tetapi karena dalam perjalanan waktu yang telah diberikan sebagaimana amanat perundangan-undangan, tidak ditindaklanjuti setelah kami melakukan pengecekan, jadi kami langsung mengusulkan ke Gubernur. Jadi kami telah mengikuti mekanisme aturan yang berlaku. Soal gugatan kepada kami 17 orang, itu hak yang bersangkutan dan kami siap untuk memberikan keterangan sebagaimana yang kami tahu” kata Frans.

Pada kesempatan itu, Frans Amerbay menyatakn kecewa terhadap staf Setwan. Seharusnya yang bersangkutan memberikan masukan sehingga tidak menjadi panjang seperti saat ini.

“Yang jadi pengacara yang bersangkutan kan ASN yang keseharianya bekerja sebagai staf pada bagian Legislasi DPRD. Seharusnya dia (Faisal Tura-Red) memberikan masukan bukan justru menyerang DPRD, sehingga tidak menjadi rumit dan panjang seperti ini,’’ tambahnya dengan nada kesal. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Sambut Pesparawi XII, Pemkab Kaimana pastikan stok sembako aman

Selanjutnya

Ini alasan pegawai kontrak palang RSUD dan Dinkes Kaimana

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe