Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. DKP Papua genjot pengembangan rumput laut
  • Rabu, 02 Agustus 2017 — 18:25
  • 1435x views

DKP Papua genjot pengembangan rumput laut

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, F.X Mote mengatakan potensi ekonomi rumput laut di Papua tak diragukan lagi, karena memiliki potensi terbilang cukup besar dalam mengembangkannya. Hanya saja, dalam pengembangannya tentu masih perlu dioptimalkan supaya memberikan hasil yang memuaskan pula.
Ilustrasi rumput laut di Papua – IST
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua terus menggenjot pengembangan produksi rumput laut di beberapa kabupaten, seperti Biak, Supiori dan Kepulauan Yapen.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, F.X Mote mengatakan potensi ekonomi rumput laut di Papua tak diragukan lagi, karena memiliki potensi terbilang cukup besar dalam mengembangkannya. Hanya saja, dalam pengembangannya tentu masih perlu dioptimalkan supaya memberikan hasil yang memuaskan pula.

"Budidaya rumput laut di Papua sangat bagus dan perlu dikembangkan lagi, karena budidaya yang dilakukan masyarakat sekarang ini masih untuk konsumsi lokal," kata Mote kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (2/8/2017).

Sebagai langkah awal, katanya, sudah melatih para petani rumput laut untuk mampu melakukan pengolahan lebih baik lagi. Namun, harus diakui jika untuk ekspor rumput laut belum bisa dilakukan setiap bulan.

"Jadi ekspor per bulan kita belum bisa, walaupun banyak permintaan. Oleh karena itu kami mendorong peningkatan produksi dengan melakukan pelatihan agar rumput laut Papua mempunyai kualitas," ucapnya.

Agar lebih optimal, kata Mote, Papua memerlukan pengusaha yang bergerak di sektor usaha rumput laut untuk berinvestasi.

"Kami inginkan adanya investor yang bergerak di sektor usaha rumput laut. Sebab potensi rumput laut di sini cukup bagus," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung mendorong Pemerintah Provinsi Papua untuk membudidayakan rumput laut guna dijadikan salah satu komoditas ekspor utama dari Papua. 

"Kebutuhan rumput laut bagi negara-negara luar cukup tinggi lantaran rumput laut dapat digunakan sebagai bahan dasar kosmetik dan juga campuran makanan, terlebih rumput laut dari Indonesia Timur yang terbaik di dunia," kata Doso.

Ia menilai, wilayah pesisir Papua memiliki potensi yang sangat bagus untuk membudidayakan rumput laut, dan Pelindo akan membantu pemerintah daerah setempat untuk bisa memaksimalkan hal tersebut. (*)

loading...

Sebelumnya

Elia Loupatty : pendapatan Samsat di Papua cukup baik

Selanjutnya

ASN Papua dituntut pahami tupoksi masing-masing

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe