Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Dubes RI untuk Filipina kenalkan konsul kehormatan di Papua
  • Jumat, 21 Juli 2017 — 19:03
  • 1615x views

Dubes RI untuk Filipina kenalkan konsul kehormatan di Papua

Menurutnya, dalam peraturan pihaknya bisa mengangkat penduduk asli Palau yang bisa mewakili kedutaan besar di daerah itu. "Beliau tidak digaji oleh negara, beliau adalah sukarelawan, kami hanya memberikan fasilitas diplomat kepada beliau," tambahnya.
Suasana pertemuan pemerintah provinsi Papua dengan Dubes RI untuk Filipina Johny Lumintang dan Konsul Kehormatan RI di Republik Palau Ignacio Anastacio - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Papua No. 1 News Portal I Jubi
 
Jayapura, Jubi - Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina Johny Lumintang memperkenalkan Konsul Kehormatan RI di Republik Palau Ignacio Anastacio, yang baru dilantik bulan lalu kepada Pemerintah Provinsi Papua.
 
"Konsul Kehormatan baru dilantik Juni lalu, karena di Palau ada sedikitnya 150-200 crew kapal ikan yang kadang-kadang banyak masalah. Dengan demikian kami anggap perlu ada perwakilan Indonesia di situ," kata Johny kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (21/7/2017).
 
Menurutnya, dalam peraturan pihaknya bisa mengangkat penduduk asli Palau yang bisa mewakili kedutaan besar di daerah itu. "Beliau tidak digaji oleh negara, beliau adalah sukarelawan, kami hanya memberikan fasilitas diplomat kepada beliau," tambahnya.
 
Selain memperkenalkan diri, kedatangan Ignacio ke Papua juga untuk memperkenalkan keluarga besar Melanesia, karena penduduk di sana adalah etnis Melanesia. Sedangkan di Indonesia sendiri ada di Papua, Ambon dan Timor.
 
"Kami ingin persahabatan antara Indonesia dengan negara Pasifik terjaga dengan baik, jika ada soal isu-isu negatif silakan bertanya kepada beliau," ucapnya.
 
Disamping itu, mengingat latar belakang Konsul Kehormatan adalah seorang pebisnis, maka beliau ingin ada kerja sama di bidang kelautan atau udara. Apalagi di Palau penduduknya hanya berjumlah 20 ribu jiwa, namun jumlah turis yang datang setiap bulan mencapai angka 20 ribu.
 
Sementara jarak tempuh Palau-Sorong hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam lebih penerbangan. "Jadi misalnya carter penerbangan bisa bawa ke Sorong kan bisa ke Raja Ampat. Jadi bisa mendatangkan devisa juga untuk Papua," sambungnya.
 
Kemudian pembangunan di Palau sangat pesat, beliau menyampaikan harga bahan bangunan seperti pasir per kubik dijual dengan harga 110 dollar. Belum batu dan lain sebagainya.
 
"Dari lapangan terbang beliau melihat pasir, batu-batu yang ada di sini sudah ngiler. Untuk itu, mungkin bisa kita hitung kalau misalnya di sana harga untuk 1 kubik, Rp1.3 juta, sementara di sini lebih murah, ongkos ke sana berapa, pulang kosong, kalau masih kenapa kita tidak manfaatkan," katanya.
 
"Sekaligus mungkin yang berminat untuk kerja di hotel-hotel di Palau bisa direkrut juga dari Papua, misalnya akademi pariwisata dan perhotelan, supaya ada konektivitas antara sodara-sodara kita di pasifik dengan Indonesia, khususnya bagian timur," tambahnya.
 
Di tempat yang sama, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty mengatakan ini sesuatu yang baik karena mereka juga bagian dari Melanesia dan mereka ingin melihat perkembangan Indonesia, khususnya Papua.
 
"Beliau sangat senang sekali ketiba tiba di Bandara Sentani, dimana banyak sekali pesawat, dan pembangunan begitu banyak," kata Elia.
 
Jika memang ada peluang-peluang ekonomi, dirinya merasa sangat baik untuk ditindaklanjuti. Seperti yang disampaikan Dubes tentang pengiriman material bangunan  batu dan pasir.
 
"Kalau di sana bahan baku mahal, dan disini masih tergolong murah maka bisa kita hitung secara ekonomi untuk memperoleh kesempatan ini. Apalagi di sana banyak hotel baru dan itu berarti menjadi peluang bagi anak-anak Papua di bidang pariwisata," tutupnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Nicholaus Wenda : pembayaran TPB sesuai kinerja pegawai

Selanjutnya

Pembinaan KPK dinilai berhasil

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe