Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. Kompetisi panjat pohon kelapa dunia dimenangkan warga Kep. Cook
  • Senin, 17 Juli 2017 — 19:11
  • 385x views

Kompetisi panjat pohon kelapa dunia dimenangkan warga Kep. Cook

"Panjat pohon kelapa setiap hari dilakukan orang-orang di Polynesia sejak dulu. Menyenangkan bisa menunjukkan pada turis tradisi kami yang sudah berlangsung ribuan tahun," kata Iona kepada Radio Tahiti.
Seorang peserta kompetisi panjat pohon kelapa yang dilangsungkan di Tahiti pekan lalu – Bora-bora Insider
Admin Jubi
redaksionline@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Seorang warga Kepulauan Cook bernama George Iona dari atol Nassau telah memenangkan kompetisi panjat pohon kelapa dunia yang diselenggarakan untuk pertama kalinya pada pekan lalu di Tahiti, French Polynesia.

Radio Tahiti melaporkan Iona mengalahkan Fiapa'i Ellio dari Samoa, yang menjadi favorit sejak pemanasan awal minggu lalu.

Iona memenangkan sejumlah uang hadiah lainnya atas kemenangannya itu.

"Panjat pohon kelapa setiap hari dilakukan orang-orang di Polynesia sejak dulu. Menyenangkan bisa menunjukkan pada turis tradisi kami yang sudah berlangsung ribuan tahun," kata Iona kepada Radio Tahiti.

Sejarah panjat pohon kelapa di kawasan Polinesia sudah berlangsung lebih dari 2000 tahun yang lalu karena kelapa merupakan komponen penting migrasi besar orang-orang Polinesia, yang memang merupakan sumber utama kehidupan. Kelapa mudah diangkut, tidak membusuk dalam waktu lama dan tetap menjadi sumber makanan yang baik.

Selama berabad-abad, orang-orang Tahiti telah memanjat pohon kelapa untuk memetik buah kelapa yang hingga saat ini masih merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari mereka.

Memperhatikan minat yang kuat dari penduduk lokal, turis & atlet untuk kompetisi memanjat pohon kelapa, Enoch Laughlin, presiden Federasi Olahraga Tradisional di Tahiti, telah membawa kebiasaan memanjat pohon kelapa ini ke tingkat yang baru dengan membuat Kompetisi Panjat Pohon Kelapa Dunia pertama kalinya di Tahiti pada bulan Juli 2017.

Aturan untuk menjalankan acara Kejuaraan Dunia mengharuskan setidaknya ada 5 negara yang berkompetisi. Beberapa negara yang memenuhi persyaratan selain Tahiti adalah Hawaii, Kepulauan Cook, Fiji, Samoa, Vanuatu, Kiribati dan Kepulauan Marshall yang berkompetisi dalam event pertama ini. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Guam sita narkoba senilai US$750.000 dari AS

Selanjutnya

Empat orang tewas dalam bentrok pemilu di PNG

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe