Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Bali & Nusa Tenggara
  3. Mengenang Cece Riberu, kartunis kebanggaan Bali
  • Minggu, 02 Juli 2017 — 16:40
  • 780x views

Mengenang Cece Riberu, kartunis kebanggaan Bali

"Dia lebih Bali daripada orang Bali. Kecintaan Ceri terhadap Pulau Dewata tercermin dari karyanya yang mampu menggambarkan Bali dengan sangat dalam dan detail,"
Mendiang Cece Riberu dan karya- karyanya. Jubi/JPNN.
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Jubi | Portal berita No. 1 di Tanah Papua

Denpasar, Jubi - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menghadiri malam amal bagi mendiang Cece Riberu, seorang kartunis yang akrab dipanggil Ceri itu, yang meninggal karena serangan jantung pada 6 Juni 2017.

"Dia lebih Bali daripada orang Bali. Kecintaan Ceri terhadap Pulau Dewata tercermin dari karyanya yang mampu menggambarkan Bali dengan sangat dalam dan detail," kata Gubernur Pastika dalam sambutan singkatnya pada acara malam amal itu, di Denpasar, Sabtu (1/7/2017) malam.

Kehadiran Pastika dalam acara yang berlangsung di Warung Tresni, Denpasar, merupakan wujud apresiasi dan penghargaan terhadap sosok kartunis berdarah NTT tersebut.

Selain pada mendiang Ceri, Pastika pun mengutarakan kekagumannya terhadap sosok kartunis pada umumnya. Menurut dia, seorang kartunis bukanlah pelukis biasa. Mereka mampu menuangkan situasi sosial, politik dan ekonomi secara cerdas dalam karya kartun tanpa membuat marah orang-orang yang disindir.

"Itulah hebatnya seorang kartunis. Mereka bukan sekedar bisa melukis, tapi juga sosok pemikir dan pengamat," ujar orang nomor satu di Bali itu.

Pastika meyakini, karya-karya kartun Ceri akan tetap hidup dan dikenang meskipun dia sudah tiada. "Itulah hebatnya seniman, sekalipun telah tiada, karya mereka akan tetap bisa dinikmati. Beda dengan pedagang, kalau mati ya habis," ucapnya.

Di sisi lain, dia kembali mengatakan bahwa seorang seniman berada satu klik di atas manusia biasa. Manusia biasa itu hanya menggunakan logika, sedangkan seniman menggunakan otak dan rasa.

Acara malam amal dimeriahkan pertunjukan musik dan lelang lukisan kartun karya Ceri. Gubernur Pastika pun menawarkan harga tertinggi untuk membeli kartun asli karya Ceri yang akan dipajang di galeri miliknya. (*)

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Perkuat kebhinekaan lewat dialog lintas agama

Selanjutnya

PLN siapkan 120 MW investasi Pulau Timor

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe