Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Kemenpora RI survei lokasi pembangunan GOR di Yahukimo
  • Selasa, 23 Mei 2017 — 08:23
  • 3242x views

Kemenpora RI survei lokasi pembangunan GOR di Yahukimo

“Sampai di lapangan ternyata kami melihat Dekai ini salah satu kabupaten yang paling lengkap dan memenuhi syarat untuk membangun sebuah GOR dan lapangan stadion yang bisa dihibahkan dari kementerian. Pokoknya paling lengkap dan memenuhi syarat dari beberapa kabupaten/kota dan 34 provinsi di Indonesia,” ujarnya.
Saat Foto Bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahtaga, SSB Yahukimo dan Kemenpora RI di Dekai. – Jubi/Piter Lokon
Piter Lokon
piter@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Yahukimo, Jubi – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) Anan Kosim bersama tiga orang staf mensurvei lokasi pembangunan Gedung Olahara (GOR) dan Stadion Kabupaten Yahukimo pada Minggu (21/5/2017).

Kedatangan tim Kemenpora ke ibu kota Dekai itu merupakan bentuk jawaban atas permohonan pemerintah daerah Yahukimo untuk pembangunan fasilitas dan sarana olahraga di wilayah yang memiliki 51 distrik dan 517 kampung tersebut.

“Jadi bupati Yahukimo Abock Busup, MA, telah mengajukan proposal untuk pembangunan Gedung Olahraga di sini, jadi kami ke sini untuk survey lokasi,” kata Kemenpora Anan Kosim saat ditemui Jubi, di sela-sela kunjungannya di Dekai, Minggu.

Anan Kosim menjelaskan, di kementerian Pemuda dan Olahrga, terdapat banyak program pembangunan sarana dan fasilitas olahraga di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Di antaranya 1.000 lapangan di tingkat desa/kampung, 4.000 lapangan teknis, GOR (tipe A, B, C), kolam renang, serta lapangan olahraga terbuka. Kemudian, program pembangunan stadion olahraga dipersiapkan untuk tingkat kabupaten/kota dan Provinsi.

Kemenpora menjelaskan, pangajuan Pemda Yahukimo adalah GOR. Namun, setelah melakukan survey, Anan Kosim menilai daerah Dekai yang luas dan rata itu juga memenuhi syarat untuk pembangunan Stadion olahraga.

“Sampai di lapangan ternyata kami melihat Dekai ini salah satu kabupaten yang paling lengkap dan memenuhi syarat untuk membangun sebuah GOR dan lapangan stadion yang bisa dihibahkan dari kementerian. Pokoknya paling lengkap dan memenuhi syarat dari beberapa kabupaten/kota dan 34 provinsi di Indonesia,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika pemerintah tertarik, pengajuan untuk pembangunan Stadion olahraga dapat dilakukan pada tahun mendatang. “Sangat disayangkan karena ini sudah pertengahan tahun, sehingga lapangan besar tidak bisa diselesaikan dalam tahun ini, hanya bisa untuk lapangan kecil. Kemudian lapangan yang lebih besar bisa terlaksana untuk tahun 2018 jika Pemda kembali mengajukan,” ucapnya.

Kemenpora juga mengapresiai masyarakat Yahukimo yang mendukung dengan adanya ketersediaan lahan tersebut. “Apresiasi juga kepada masyarakat Yahukimo, karena banyak pendapat bahwa di Papua itu bicara tanah akan hadapi banyak sengketa. Tetapi di Yahukimo tidak, malahan masyarakat di sini terbuka hati dan mendukung olahraga di Dekai, jadi terima kasih,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Yahukimo, Andreas Gobai, yang menerima tim kemenpora, mengatakan pihaknya telah mempersipakan seluruh dokumen dan hal-hal yang berkaitan dengan program pembangunan gedung olahraga tersebut. “Kami sudah siapkan mulai dari master plannya, konsultannya dan lain-lain, kami sudah siap untuk bangun,” kata Andreas. (*)

loading...

Sebelumnya

PLN targetkan 1.808 desa di Papua-Maluku terlistriki 2019

Selanjutnya

Rp80 milliar dianggarkan untuk pemanjangan “runway” Bandara Rendani

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe