PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Dunia
  3. Boko Haram lepaskan 82 siswa culikan
  • Minggu, 07 Mei 2017 — 20:05
  • 1298x views

Boko Haram lepaskan 82 siswa culikan

Para penyintas itu merupakan bagian dari sekitar 220 siswi yang menjadi korban penculikan di sekolah menengah kota Chibok tiga tahun lalu.
kelompok bersenjata Boko Haram (Jubi/SaharaReporter.com)
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Abuja, Jubi - Kelompok bersenjata Boko Haram melepaskan 82 dari sekitar 220-an siswi sekolah, yang mereka culik di kota Chibok, kawasan utara Nigeria, pada April 2014 lalu, sejumlah pejabat setempat menyatakan pada Sabtu.

Para penyintas itu merupakan bagian dari sekitar 220 siswi yang menjadi korban penculikan di sekolah menengah kota Chibok tiga tahun lalu. Insiden tersebut sempat memicu perbincangan hangat di internet dengan tagar #bringbackourgirls yang juga diramaikan oleh ibu negara Amerika Serikat pada saat itu, Michel Obama, dan sejumlah pesohor lainnya.

Pada Oktober tahun lalu, Boko Haram melepaskan 21 siswi usai tercapainya kesepakatan dengan perunding dari pemerintahan Swiss dan Palang Merah Internasional. Selain itu, beberapa penyintas melarikan diri atau diselamatkan.

Sebelum pelepasan korban pada Sabtu, masih ada 195 siswi yang disekap oleh kelompok Boko Haram.

"Pemerintah akan segera mengeluarkan pernyataan resmi," kata juru bicara pemerintah Nigeria kepada Thomson Reuters Foundation.

Pada bulan lalu, Presiden Muhammadu Buhari, dalam pernyataan resmi, mengutarakan bahwa pemerintah "terus memantau situasi melalui sejumlah negosiasi dan juga melalui badan intelejen lokal untuk memastikan pembebasan para siswi serta korban penculikan lainnya dalam keadaan selamat." Selain melakukan penyekapan terhadap siswi Chibok, Boko Haram juga telah menculik ribuan orang dewasa dan anak-anak.

Para siswi diculik dari sebuah sekolah di Chibok, negara bagian Borno di timur laut. Di wilayah tersebut, Boko Haram sudah melancarkan aksi pemberontakan untuk mendirikan negara berdasarkan agama serta membunuh lebih dari 20.000 orang dan membuat lebih dari dua juta orang mengungsi.

Meski tentara pemerintah menyatakan bahwa Boko Haram sudah semakin terdesak, wilayah timur laut Nigeria, terutama di negara bagian Borno, masih sering terancam oleh aksi bersenjata kelompok tersebut. Sejak akhir musim hujan tahun lalu, Boko Haram sering melancarkan serangan bom bunuh diri dan juga dengan senjata api.(*)
 

#

Sebelumnya

Puluhan ribu perempuan Venezuela tentang Maduro

Selanjutnya

Pelajar Indonesia suguhkan kudapan nusantara di Belgia

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua