Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Program PMB-BBI dinilai mampu tingkatkan kualitas pendidikan
  • Senin, 24 April 2017 — 12:58
  • 1335x views

Program PMB-BBI dinilai mampu tingkatkan kualitas pendidikan

"Program ini sangat baik, untuk itu kami akan segera tindaklanjuti," kata Wonda kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.
Ilustrasi Pendidikan di Papua - IST
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Admin Jubi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Dinas Pendidikan Provinsi Papua menilai program Pendidikan Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu (PMB-BBI) mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Pendidikan Papua, Elias Wonda mengatakan Pemerintah Provinsi Papua melalui pihaknya akan segera menindaklanjuti program yang dikembangkan bersama Lembaga Kemitraan Pengembangan Kapasitas dan Analisis Sektor Pendidikan atau Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP).

"Program ini sangat baik, untuk itu kami akan segera tindaklanjuti," kata Wonda kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Ia menjelaskan, program percontohan implementasi penggunaan bahasa ibu ini sebagai pengantar dalam kelas kepada siswa PAUD dan kelas awal sekolah dasar dinilai sebagai langkah strategis.

"Penggunaan PMB-BBI ini dinilai sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Papua dan telah memasuki tahap transisi untuk direplikasi secara lebih luas," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Muhammad Musaad, mengatakan kebijakan PMB-BBI juga didukung oleh Peraturan Daerah Khusus Nomor 3 Tahun 2013 tentang pelayanan pendidikan bagi komunitas adat terpencil.

"Undang-undang di tingkat regional mencerminkan dukungan politik dan legislatif bagi PMB-BBI di level nasional," ujar Musaad.

Dia menambahkan, Renstra Kemendikbud secara eksplisit menyebutkan bahasa ibu dapat digunakan sebagai bahasa pengantar di kelas-kelas awal untuk memperkaya bentuk implementasi diversifikasi kurikulum.

"Kami mengapresiasi terobosan ini sehingga program ini perlu dijalankan secara berkelanjutan, tidak hanya di tataran sekolah tetapi juga berbagai persoalan yang mendesak," ucapnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Dishub Papua bangun komunikasi dengan operator penerbangan

Selanjutnya

Satpol PP Papua diminta beri pelayanan cepat

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe