PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Bupati Abock Busup: Tiket Hercules ke Dekai Rp450 ribu per orang 
  • Jumat, 21 April 2017 — 19:48
  • 1126x views

Bupati Abock Busup: Tiket Hercules ke Dekai Rp450 ribu per orang 

“Harga tiket dan timbangan barang penerbangan pesawat Hercules sangat murah. Untuk biaya cargo Rp7.500 dan Rp450 ribu untuk tiket penumpang,” kata bupati dalam sambutannya pada acara penutupan Turnamen Bupati Cup di Lapangan Yahukimo Bangkit, Rabu (19/4/2017).
Pesawat Hercules milik TNI AU, yang melayani cargo dan penumpang - Jubi
Piter Lokon
piter@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Yahukimo, Jubi – Bupati Abock Busup, MA mengatakan pesawat Hercules milik TNI AU, yang melayani cargo dan penumpang, dari dan ke kota Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo, memberikan biaya yang lebih murah bagi masyarakat. 

“Harga tiket dan timbangan barang penerbangan pesawat Hercules sangat murah. Untuk biaya cargo Rp7.500 dan Rp450 ribu untuk tiket penumpang,” kata bupati dalam sambutannya pada acara penutupan Turnamen Bupati Cup di Lapangan Yahukimo Bangkit, Rabu (19/4/2017).

Pesawat ini melayani rute Timika-Dekai; Dekai-Merauke; Merauke-Dekai; Dekai-Jayapura; dan Jayapura-Dekai. Hercules ini telah melakukan penerbangan perdananya dengan mendarat di Bandar Udara Nop Goliat Dekai pada Sabtu, 15 April 2017, tepat satu tahun usia kepemimpinan Bupati Abock Busup dan Wakilnya Yulianus Heluka.

Seperti diketahui, sebelum Hercules, dua perusahaan maskapai penerbangan lainnya telah melayani masyarakat Yahukimo, yakni Trigana Air Service (jenis ATR dan Boeing 373-300) dan Lion Air Group (Wings Air jenis ATR 72-600). Dan, pesawat berukuran lebih kecil.

Bupati Abock menjelaskan tujuan kerjasama dengan memasukan pesawat Hercules adalah untuk membantu meringankan biaya transportasi khususnya masyarakat Yahukimo dan menekan harga pasaran menjadi serendah mungkin. 

Melalui kehadiran Hercules ini, Bupati Abock mengharapkan para karyawan cargo di bandara menerapkan harga yang telah disepakati antara pemerintah Yahukimo dan pihak maskapai tersebut. 

“Kami (pemda) berikan subsidi untuk pesawat ini supaya harga murah, masyarakat juga terbantu. Seperti cargo sudah kita sepakati di 7.500 rupiah jadi kami sangat minta supaya tidak dipermainkan, jangan tambah sampai 10 ribu rupiah. Tidak boleh,” tegas bupati.

Bupati juga meminta para pengusaha yang bekerja didaerahnya untuk menerapkan harga yang standar, sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan. Untuk menyeragamkan harga, bupati menuturkan akan mengeluarkan aturan melalui surat Keputusan Bupati Yahukimo secepatnya untuk menormalkan harga di pasaran.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Yakober Mendila, MT ketika ditemui Jubi dikantornya menjelaskan bahwa pesawat Hercules akan melakukan penerbangan dua-tiga kali tiap bulannya. 

“Penerbangan pesawat ini dua atau tiga kali sebulan. Sewaktu-waktu Pemda bisa bermohon kalau ada kekosongan sembako atau bahan pokok lainnya,” jelas Yakober.
 
Pada pekan besok, Yakober mengatakan akan ada jadual terbang Hercules dari Sentani ke Dekai untuk mengangkut bahan kebutuhan pokok untuk wilayah Yahukimo. Sehingga, bagi calon penumpang yang ingin menggunakan jasa ini dapat menghubungi pihak penyedia jasa layanan Hercules.

“Hari Selasa (25/4) atau Rabu (26/4) Hercules akan terbang ke Yahukimo angkut bahan pokok. Bagi pegguna jasa Hercules rute Sentani-Dekai untuk angkutan cargo atau barang-barang lainnya dapat menghubungi petugas lanud di Sentani, Pak Kairul +6282197961942,” katanya. (*)

Sebelumnya

Konsolidasi organisasi, Partai Golkar gelar Musda wilayah Meepago

Selanjutnya

Sukseskan konferensi wilayah Bogo, Ketua DPRD Mamteng bantu Rp100 Juta

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua