Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. Tiongkok akan tingkatkan bantuan untuk Pasifik
  • Kamis, 20 April 2017 — 14:50
  • 793x views

Tiongkok akan tingkatkan bantuan untuk Pasifik

Negara-negara Pasifik menyambut baik rencana Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk meningkatkan bantuan dan kerjasama di berbagai bidang.
Kontraktor tengah bekerja di Rarotonga/RNZI
RNZI
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Lina Nursanty

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Rarotonga, Jubi – Negara-negara Pasifik menyambut baik rencana Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk meningkatkan bantuan dan kerjasama di berbagai bidang. Salah satu proyek yang sedang berjalan yaitu kerjasama antara RRT dan Selandia Baru membangun proyek pemipaan air di Rarotonga.

Seorang ahli pada program bantuan luar negeri RRT, Denghua Zhang mengatakan bahwa proyek Te Mato Vai di Kepulauan Cook telah menolong RRT untuk mempelajari pelaksanaan dan pengawasan proyek bantuan.

Berdasarkan penelitiannya, sekitar 4 persen dari bantuan luar negeri RRT dihabiskan di Oseania, kebanyakan berupa pinjaman lunak untuk pembangunan jalan raya dan infrastruktur lainnya.

Zhang mengatakan RRT terus menambah jumlah bantuannya dengan cara bekerjasama dengan negara-negara donor tradisional dan badan internasional seperti program pembangunan PBB (UNDP). Mereka semua memandang bahwa Pasifik adalah kawasan yang tepat sebagai uji coba pemberian bantuan luar negeri. “Bagi saya, itu artinya kecil dan pintar,” ujarnya.

Pemerintah RRT akan terus mencoba melakukan kerjasama trilateral seperti ini untuk kawasan Pasifik. Misalnya, RRT bekerjasama dengan Australia untuk melakukan riset malaria di Papua Nugini.

Zhang mengatakan, ketika bekerjasama dengan mitranya, RRT ingin fokus pada sektor-sektor yang tidak terlalu sensitif seperti pertanian, kesehatan masyarakat dan perubahan iklim. Selain lebih sulit, proyek berskala besar juga lebih rumit. “Kerjasama trilateral seperti ini bukan hanya bagus untuk negara penerima bantuan, tapi juga bagi RRT untuk membangun imej sebagai negara besar yang bertanggung jawab,” katanya.

Di masa lalu, RRT pernah dikritisi karena bantuan luar negeri di bidang infrastruktur yang mereka berikan dianggap tidak cocok dengan situasi kawasan. Sempat muncul juga ketakutan negara-negara Pasifik terjerat utang ke Beijing melalui program-program pinjaman yang diberikan. **

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pekerja Kampus Malapoa mogok kerja

Selanjutnya

Desainer jaket film Moana hadir di Port Moresby

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe