PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Kunjungi Indonesia bulan depan, Wakil Presiden AS akan bicara soal Freeport
  • Senin, 13 Maret 2017 — 16:52
  • 2063x views

Kunjungi Indonesia bulan depan, Wakil Presiden AS akan bicara soal Freeport

Di Indonesia, Pence diperkirakan akan membahas perselisihan kontrak antara pemerintah Indonesia dan raksasa pertambangan Amerika, Freeport McMoran Inc, kata dua sumber pemerintah Indonesia.
Wakil Presiden Mike Pence - IST

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Wakil Presiden Mike Pence dijadwalkan mengunjungi Jepang dan Indonesia bulan depan, dikutip Reuters, Senin (13/3/2017). Kunjungan ini merupakan bagian dari tur Asia di tengah kekhawatiran pemerintahan Trump untuk menguatkan kembali pengaruh AS di Asia.

Di Indonesia, Pence diperkirakan akan membahas perselisihan kontrak antara pemerintah Indonesia dan raksasa pertambangan Amerika Freeport McMoran Inc, kata dua sumber pemerintah Indonesia.

Freeport telah mengancam untuk membawa pemerintah Indonesia ke pengadilan arbitrase atas peraturan pertambangan yang baru direvisi beberapa waktu lalu.

Pemerintah Indonesia baru-baru ini dikabarkan telah menetapkan batas waktu dua minggu untuk menyelesaikan sengketa dengan Freeport yang telah menyebabkan penangguhan ekspor konsentrat tembaga dari tambang terbesar kedua di dunia ini selama hampir dua bulan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan sedang bekerja sama dengan Freeport untuk mengakhiri kebuntuan ini, kata seorang pejabat senior pemerintah yang menolak disebutkan namanya.

Dengan berakhirnya perselisihan diharapkan membuka jalan bagi Freeport untuk melanjutkan pengiriman konsentrat dan menarik pemberitahuan yang arbitrase internasional terhadap Indonesia. Freeport kembali mengoperasionalkan beberapa tambang di Grasberg minggu ini untuk memasok bijih untuk smelter dalam negeri setelah menutupnya Januari lalu menyusul larangan ekspor pemerintah.

Tur Asia ini juga mencakup Korea Selatan dan Australia. Dilaporkan oleh Nikkei Asia Review kunjungan di Korea ini akan membahas rudal dan program nuklir Korea Utara sorta kemungkinan krisis politik Korea Selatan setelah pemberhentian presiden dalam kasus korupsi.

Menteri Ordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto mengatakan Pence juga akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas terorisme dan masalah keamanan lainnya  dalam kunjungannya.

"Kami membahas rencana kunjungan wakil presiden AS Mike Pence ke Indonesia dan masalah-masalah strategis yang dapat menjadi agenda untuk dibicarakan dengan presiden kita," kata Wiranto kepada wartawan setelah bertemu Duta Besar AS di Jakarta. (*)

Sebelumnya

Uskup Agung di Oceania prihatin masalah HAM Papua

Selanjutnya

Dari 33.452 karyawan Freeport, hanya 25,15 persen pekerja asli Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua