Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jawa
  3. Bahasa Sunda bisa diajarkan lewat lagu
  • Senin, 06 Maret 2017 — 17:44
  • 1332x views

Bahasa Sunda bisa diajarkan lewat lagu

Lagu itu media yang cukup menyenangkan sebagai media pembelajaran. Diharapkan dengan menggunakan lagu siswa akan hafal, kemudian mengerti arti kata bahasa sunda bahkan kalimat dalam lagu tersebut
Prof Ganjar Kurnia (Jubi/KabarRakyat.com)
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Bandung, Jubi - Akademisi dan budayawan asal Bandung, Jawa Barat, Prof Ganjar Kurnia mengatakan pengajaran materi bahasa Sunda dimulai dengan memperkenalkan lagu daerah agar lebih mudah dipahami oleh siswa.

"Lagu itu media yang cukup menyenangkan sebagai media pembelajaran. Diharapkan dengan menggunakan lagu siswa akan hafal, kemudian mengerti arti kata bahasa sunda bahkan kalimat dalam lagu tersebut," kata Ganjar Kurnia, di Bandung, Senin ( 6/3).

Mantan Rektor Universitas Padjadjaran ini menuturkan salah satu kesulitan yang dirasakan para murid dalam mempelajari bahasa Sunda yaitu kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata lama.

Tidak hanya masalah kosakata yang tidak berkembang, kata Ganjar, ia juga menyampaikan kritikan atas metode pembelajaran Bahasa Sunda yang digunakan para guru mengikuti kaidah teori spiral.

"Semakin lama semakin sulit. Padahal, menurutnya salah satu tujuan utama belajar bahasa yaitu untuk berkomunikasi. Seharusnya materi dan metode yang digunakan semakin lama semakin menyenangkan," kata dia.

Dia menyarankan pengajaran materi bahasa Sunda dimulai dengan memperkenalkan lagu daerah karena hal tersebut dianggap cukup menyenangkan sebagai media pembelajaran.

Sementara itu, Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Daerah Universitas Pendidikan Indonesia Drs H Usep Kuswari mengakui bahwa penerapan kurikulum bahasa sunda masih terdapat sejumlah kekurangan diberbagai aspek.

Menurut dia, deberapa daerah di Jawa Barat masih terdapat sekolah yang tidak menerapkan bahasa Sunda sebagai muatan lokalnya dan masih ada sekolah yang menyatukan bahasa Sunda dengan pelajaran seni dan budaya.

"Sehingga pembelajaran bahasa menjadi kurang maksimal. Namun, hal itu hanya terjadi di daerah kecil di Jawa Barat saja," kata dia.(*)



 

#

Sebelumnya

Tak lulus UKK, anak didik SMK tak ikut UNBK

Selanjutnya

Penanganan dugaan money politic pilkada Kabupaten Jayapura dipertanyakan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe