Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Papua Barat peringkat pertama IKLH 2017
  • Selasa, 18 September 2018 — 17:57
  • 914x views

Papua Barat peringkat pertama IKLH 2017

Perlu ada upaya terpadu untuk memertahankan dan meningkatkan nilai IKLH untuk regional Papua (Papua dan Papua Barat) demi mewujudkan lingkungan yang sehat bagi kehidupan manusia,
Kepala Bidang Perekonomian Pusat Kebijakan Strategis Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK), Abdul Muin - Jubi/Alex
Alexander Loen
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi - Provinsi Papua Barat menduduki peringkat pertama Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) tahun 2017 secara nasional dengan presentase 85,69 persen, diikuti Kalimantan Barat posisi kedua dan Provinsi Papua ketiga dengan 81,47 persen.

Kepala Bidang Perekonomian Pusat Kebijakan Strategis Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK), Abdul Muin mengatakan nilai IKLH Provinsi Papua dan Papua Barat masih berada diatas nilai rata rata target nasional pada 2018. Nilai tersebut jadi salah satu rencana strategis KLHK sepanjang 2015 - 2019.

"Perlu ada upaya terpadu untuk memertahankan dan meningkatkan nilai IKLH untuk regional Papua (Papua dan Papua Barat) demi mewujudkan lingkungan yang sehat bagi kehidupan manusia," kata Abdul saat Sinergitas Multipihak dalam Rangka Penguatan Kelembagaan Dinas Lingkungan Hidup Guna Mendukung Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah, di Jayapura, Selasa (18/9/2018).

Menurut ia, pulau Papua merupakan salah satu pusat perhatian dunia khususnya para pemerhati lingkungan karena berhubungan dengan banyaknya objek wisata terbaik dunia. Dengan demikian, konsep pembangunan berkelanjutan adalah salah satu kunci utama terhadap kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan.

"Semua ini tertuang dalam rencana aksi nasional," ujarnya.

Ia katakan, salah satu pilar utama pembangunan berkelanjutan adalah lingkungan, selain pilar ekonomi, sosial dan tata kelolalanya. Namun secara nasional, fakta saat ini IKLH menunjukkan tren yang kurang memuaskan karena nilainya masih fluktuatif (berubah ubah).

"Kondisi seperti ini yang perlu dicermati bersama bukan hanya menjadi fokus perhatian dinas lingkungan hidup maupun kementerian lingkungan hidup, namun diperlukan dukungan semua pihak baik legislatif maupun eksekutif, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah," katanya.

Secara terpisah, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Papua, Noak Kapisa mengatakan Pemerintah Provinsi Papua berkomitmen untuk mencegah emisi gas rumah kaca.

Komitmen itu, di antaranya dengan membangun dan mempertahankan kerjasama dengan organisasi pemerintah maupun non pemerintah, baik di dalam maupun di luar negeri.

Apalagi ujar ia, Pemda Provinsi Papua sebelumnya sudah membentuk Papua Low Carbon Development Task Force (PLCD-TF), melalui SK Gubernur No.105/2010 yang terlibat secara aktif terhadap isu-isu perubahan iklim di bumi Cenderawasih.

"Dengan demikian, Papua tetap berkomitmen menjaga kaulitas lingkungan hidup," kata Kapisa. (*)

 

 

 

loading...

Sebelumnya

Disorda Papua akan pasang videotron hitung mundur PON

Selanjutnya

Legislator: Jangan intervensi Gubernur dalam penempatan pejabat

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4856x views
Polhukam |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 4265x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4116x views
Advertorial |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 3465x views
Lembar Olahraga |— Rabu, 10 Oktober 2018 WP | 2919x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe