TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lingkungan
  3. Satwa endemik butuh kepedulian semua pihak
  • Rabu, 25 Juli 2018 — 14:59
  • 1030x views

Satwa endemik butuh kepedulian semua pihak

Menurut Timbul Batubara akan sulit untuk mengembalikan satwa ke kondisi semula (sifat liar) karena membutuhkan waktu yang panjang dan biaya yang besar.
Para petugas BBKSDA Papua saat memeriksa kesehatan salah satu satwa yang berada di kandang transit Buper, Waena – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
[email protected]
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua berharap ada kepedulian dari semua pihak untuk menangani satwa endemik yang ada di Papua. Apalagi satwa tersebut harus dikembalikan jiwa liarnya agar dapat dilepas pada habitatnya.

Hal ini dikatakan Kepala Balai Besar Sumber Daya Alam Papua Timbul Batubara kepada wartawan di lokasi kandang transit Buper, Waena, Rabu (25/7/18).

“Tidak mudah memang meliarkan kembali satwa yang sudah jinak dengan manusia. Hal ini diperparah dengan perubahan perilaku pakan satwa, dimana sering kali ketika dipelihara oleh manusia, satwa-satwa tersebut diberi makan makanan manusia,” katanya.

Menurut Timbul Batubara akan sulit untuk mengembalikan satwa ke kondisi semula (sifat liar) karena membutuhkan waktu yang panjang dan biaya yang besar.

Dikatakan, saat ini pihaknya telah menampung satwa dikandang transit mencapai 81 ekor  yang terdiri dari satu jenis mamalia, 11 jenis burung, dan delapan jenis reptil.

“Satwa-satwa ini ada yang hasil dari sitaan, temuan namun ada juga yang diserahkan oleh masyarakat secara sadar dan sukarela,” ujarnya.

Disinggung soal kandang transit apakah sudah memadai, Timbul Batubara menuturkan bahwa kandang transit memang masih jauh dari kata memadai. Karena kandang transit harus dalam kondisi minim interaksi dengan manusia agar perilaku satwa tersebut bisa pulih dan bisa segera dilepas liarkan ke alam bebas sesuai dengan jenis dan sebarannya.

“Kami juga sedan berupaya untuk konservasi di luar habitat alami yang bisa melibatkan pihak ketiga sesuai dengan peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia nomor P.31/Menhut-II/2012 tentang lembaga konservasi,” katanya.

Timbul menjelaskan, lembaga konservasi tersebut ada dua yaitu lembaga konservasi peruntukan umum dan lembaga konservasi peruntukan khusus.

“Di sini kami mendorong pengelolaannya agar bisa dilakukan oleh pihak ketiga. Misalnya pemeritah daerah setempat maupun swasta. Tinggal bagaimana perizinan dan pengawasannya saja yang diatur dengan baik,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Teknis BBKSDA Papua Askhari Masikki mengatakan berbicara soal menyelamatkan lingkungan memang harus semua pihak terlibat.

“Tidak bisa hanya BBKSDA Papua semata,” katanya.

Dikatakan bahwa beberapa hari lalu pihaknya baru menerima satwa titipan hasil operasi Balai Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Seksi Wilayah Jayapura. Satwa tersebut adalah burung berjumlah 38 ekor.

“Kami sudah terima dan akan dirawat. Kami mengimbau kepada para pihak agar lebih peduli dan menyadari bahwa satwa-satwa endemik Papua sudah semakin langka. Rusaknya habitat dan perburuan liar adalah penyebab utama menurunnya populasi mereka di alam. Jadi jika kita memang peduli, kita harus terlibat secara aktif untuk menjaganya,” ajak  Askhari Masikki. (*)

loading...
Loading...

Sebelumnya

Bank sampah Kenambai Umbai, berawal dari ingin melihat Jayapura bersih

Selanjutnya

Izin pemanfaatan hutan di Papua perlu dievaluasi

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe