Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Pertemuan MSG di Papua Nugini, akankah ULMWP menangkan ‘full membership”?
  • Minggu, 11 Februari 2018 — 20:19
  • 5587x views

Pertemuan MSG di Papua Nugini, akankah ULMWP menangkan ‘full membership”?

“Keputusan untuk keanggotaan baru adalah hak prerogatif forum Pemimpin yang akan didiskusikan Rabu,” kata Direktur Jenderal Sekretariat MSG, Duta Besar Amena Yauvoli kepada PACNEWS di Port Moresby, Sabtu (10/2).
KTT MSG sedang berlangsung di Port Moresby, Papua Nugini, 10-15 Februari 2018, ULMWP optimis akan memenangkan keanggotaan penuh – Foto: Facebook Page The Kreative Savage
Zely Ariane
Editor :

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jakarta, Jubi – Pembaruan terkait pedoman kenggotaan dalam Melanesian Spearhead Group (MSG) akan dibahas pada pertemuan tingkat Pemimpin MSG, Rabu (14/2/2018) mendatang di Stanley Hotel, Port Moresby, Papua Nugini (PNG).

Kriteria terhadap status Pengamat/Peninjau (Observer) dan Anggota Rekanan (Associate Members) serta Pedoman Keanggotaan baru akan diajukan langsung ke meja pembahasan para Pemimpin MSG sebagai bahan pertimbangan mereka dalam memutuskan.

“Keputusan untuk keanggotaan baru adalah hak prerogatif forum Pemimpin yang akan didiskusikan Rabu,” kata Direktur Jenderal Sekretariat MSG, Duta Besar Amena Yauvoli kepada PACNEWS di Port Moresby, Sabtu (10/2).

Selain itu, sekretariat juga akan melaporkan kepada forum Pemimpin terkait status perubahan Sekretariat sebagaimana yang  dimandatkan oleh Governing Council pada Desember 2016 lalu, “termasuk laporan lainnya menyangkut pemilu PNG 2017 lalu, laporan Traktat Perdagangan Senjata, penangkapan ikan lepas pantai serta pembaruan terkait pedoman keanggotaan,” ungkap Duta Besar Yauvoli.

Pertemuan yang telah dibuka sejak 10 hingga 15 Februari 2018 mendatang di Stanley Hotel, Port Moresby, PNG itu dihadiri perdana oleh Perdana Menteri Kepulauan Solomon yang baru, Rick Houenipwela; Perdana Menteri Vanuatu,  Charlot Salwai dan Menteri Urusan Luar Negeri, Ralph Regenvanu; serta delegasi FLNKS (Front de Liberation Nationale Kanak et Socialiste) yang dipimpin oleh Victor Tutugoro.

Sementara Fiji akan dihadiri oleh wakil setingkat kementerian, Menteri Pertahanan dan Kemanan Nasional, Ratu Inoke Kubuabola.

Delegasi West Papua, dalam hal ini United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang berstatus Observer juga telah hadir. Demikian pula Indonesia yang berstatus sebagai Associate Member. Timor Leste yang berstatus sebag Observer juga dikabarkan hadir.

Sejak 10-12 Februari KTT MSG ke-21 ini diawali oleh pertemuan para pejabat senior (Senior Officials Meeting-SOM) dan para menteri luar negeri. Pada hari Minggu (11/2) para pejabat senior mendiskusikan Program Kerja dan Anggaran; Senin (12/2) para Menteri Luar Negeri akan bersidang untuk menetapkan laporan-laporan yang akan menjadi agenda pada pertemuan tingkat Pemimpin di hari Rabu.

Di hari Selasa (13/2) acara utama akan diisi oleh penyerahan kepemimpinan MSG kepada tuan rumah Papua Nugini dari Kepulauan Solomon.

Upacara penyerahan tradisional akan dilakukan Selasa sore di Stadium Sir John Guise menandai penyerahan resmi kepemimpinan MSG dari PM Kepulauan Solomon, Rick Houenipwela kepada PM Papua Nugini, Peter O’Neill.

Dilansir The National PNG (9/2), KTT yang mengambil tema “Penguatan perdagang dan pembangunan berkelanjutan demi Melanesia yang inklusif” itu adalah salah satu forum penting di wilayah Pasifik yang membahas isu-isu yang berhubungan langsung dengan masyarakat dan komunitas Melanesia di Pasifik.

“Ada banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama-sama masyarakat global saat ini, dan cara terbaik menanganinya adalah bekerja sama demi kepentingan rakyat kita,” kata Perdana Menteri PNG Peter O’Neill menjelang pembukaan KTT MSG.

Dukung keanggotaan penuh ULMWP

Sebelumnya, berbicara kepada Vanuatu Daily Post (5/2) Eksekutif ULMWP yang diwakili Juru Bicaranya, Jakob Rumbiak, mengatakan dirinya yakin PM Peter O’Neill sebagai Ketua forum MSG akan mendukung aplikasi keanggotaan penuh (full member) West Papua melalui ULMWP.

Eksekutif ULMWP, menurut Rumbiak telah memenuhi permintaan PM PNG itu untuk lebih bersatu, dibuktikan dari hasil pertemuan ULMWP akhir minggu lalu di Port Vila, Vanuatu, yang dia sebut telah semakin menguatkan tekad dan membuat ULMWP lebih terorganisir.  

Pada pertemuan tersebut, dikatakan ULMWP telah membuat beberapa perubahan dalam kepemimpinannya, struktur, aturan-aturan serta keanggotaan.

Optimisme terhadap status keanggotaan penuh ULMWP juga diungkapkan pemimpin ULMWP lainnya, Paula Makabory.

Dilansir Vanuatu Daily Post (7/2), Paula mengutip pernyataan Indonesia yang menurut dia adalah wujud pengakuan Jakarta terhadap posisi West Papua di MSG.

“Indonesia mengatakan bahwa ‘Rakyat Papua adalah warga kami namun mereka adalah orang-orang (masyarakat—ed) anda, mengacu pada tempat (rakyat Papua) yang sah di dalam MSG,” ungkap Paula.

Dirinya juga menekankan bahwa MSG nakamal (sebuah tempat pertemuan tradisional di Vanuatu—wikipedia ed) adalah tempat yang tepat untuk menyelesaikan persoalan West Papua, “sehingga rakyat West Papua harus diterima ke dalam nakamal itu demi penyelesaian masalah-masalahnya.”

Menteri Urusan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Vanuatu, Ralph Regenvanu, dikutip Vanuatu Daily Post (10/2), mengatakan sejauh dirinya memantau hingga minggu lalu, West Papua belum menjadi agenda usulan pembahasan MSG. 

Sejak itu dia mengatakan telah menulis surat kepada para pejabat berwenang untuk memastikan West Papua dimasukkan dalam pembicaraan, dan berjanji akan meastikannya sesaat setelah tiba di PNG. "Saya akan memastikan West Papua dimasukkan ke dalam agenda (pembahasan)," ujarnya.  

Sabtu (10/2), dilansir Loop PNG, pertemuan SOM telah berlangsung yang ditandai dengan penyerahan kewenangan kepemimpinan SOM dari Peter Keni-lore jnr, Sekretaris Permanen Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Eksternal Kepulauan Solomon kepada Pejabat Pelaksana Urusan Luar Negeri dan Sekretaris Perdagangan PNG, Babara Age.

Disebutkan pula bahwa delegasi West Papua telah hadir sebagai Observer di pertemuan SOM MSG pada hari Sabtu tersebut.  

Upaya bendung dukungan

Sementara di Jakarta, akhir Januari lalu, sebuah Rapat Kerja (raker) antara Komisi I DPR, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, membicarakan secara khusus upaya pencegahan penggalangan dukungan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) ke dunia internasional. 

Dilansir Tirto.id (29/1), Wakil Ketua Komisi I, Hanafi Rais mengofirmasi bahwa raker tersebut berkeinginan untuk memberi perhatian serius dan terus menerus terhadap dukungan Papua Merdeka.

"Kami ingin pemerintah, khususnya Kemenhan dan Panglima TNI punya perhatian serius dan terus menerus. Tidak hanya berdasarkan kasus saja," kata Hanafi di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

Hanafi juga mengungkapkan raker turut membahas penangkalan dukungan dari luar negeri terhadap gerakan Papua Merdeka, terutama dari negara-negara Pasifik Selatan, Selandia Baru, Australia, dan PBB. 

Di kesempatan itu, Menhan Ryamizard sekali lagi menyatakan kegusarannya atas keterlibatan negara-negara lain dalam masalah Papua. 

"Saya dulu ngomong di Australia, kepada Australia, Kepulauan Solomon, saya tidak pernah mengganggu atau ikut campur urusan negara lain. Kalau negara-negara lain ikut campur negara saya, saya tidak mau," kata Ryamizard seperti dikutip tirto.id Senin (29/1).(*)

loading...

Sebelumnya

Diundang Indonesia ke Papua, Komisioner HAM PBB segera siapkan misi kunjungan

Selanjutnya

Umat beragama Papua tidak terprovokasi penyerangan Gereja di Yogyakarta

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4856x views
Polhukam |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 4267x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4120x views
Advertorial |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 3466x views
Lembar Olahraga |— Rabu, 10 Oktober 2018 WP | 2919x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe