POTENSI PAPUA CAPAI 45 MILIAR BAREL, BLOK MINYAK DAN GAS DITEMUKAN DI ASMAT

share on:
Lokasi Asmat (IST)
Lokasi Asmat (IST)

Jayapura, 13/2 (Jubi) – Asmat yang selama ini dikenal karena keunikan budayanya, ternyata memiliki cadangan minyak dan gas bumi.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, R Suhyar, mengatakan bahwa ada cadangan minyak dan gas yang terkandung di blok Asmat, bagian selatan, Papua.

Lanjut Suhyar, seperti dikutip dari tambang.co.id, informasi yang dikumpulkan oleh timnya merupakan gabungan dari survei lapangan yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini, merupakan bagian dari eksplorasi namun hanya dalam level permukaan. Untuk selanjutnya menjadi tugas badan usaha yang tertarik dengan potensi migas di tanah Papua.

Suhyar menyebutkan cadangan minyak dan gas bumi di blok Asmat ini selama ini tidak terdeteksi karena pemodelan geologi di wilayah Papua tidak berkembang dengan baik. Ia menekankan bahwa wilayah Papua di kawasan timur Indonesia dikenal sebagai perbatasan wilayah perbatasan yang masih sedikit data geologi dan geofisika .
“Sehingga dalam kondisi geologi yang sama , Papua Nugini telah menemukan cadangan mineral dan minyak dan gas dalam skala yang cukup besar.” kata Suhyar di Jakarta, membandingkan perkembangan pemodelan geologi di Papua New Guinea dengan Papua (13/2).

Namun saat ini belum diketahui berapa besar potensi kandungan yang bisa dimanfaatkan. Hanya saja, diyakini lebih banyak kandungan gas alam dibandingkan minyak bumi.

“Kita melakukan percepatan penemuan cadangan. Dengan adanya informasi ini akan memudahkan mereka mencari sumber migas baru dan mengurangi resiko investasi,” tambah Suhyar.

Kementerian ESDM telah menganggarkan Rp 80 miliar dana APBN untuk kegiatan survei seismik seperti ini. Suhyar mengatakan, jumlah itu kemungkinan besar akan bertambah menjadi Rp 130 miliar pada tahun 2014 untuk mendukung kegiatan eksplorasi sumber daya alam nasional.

Wilayah timur Indonesia seperti di Papua diproyeksi menyimpan potensi cadangan minyak yang sangat besar, bahkan hingga mencapai 45 miliar barrel oil. Namun hingga kini proses eksplorasi yang dilakukan belum maksimal karena berada di laut dalam (Offshore).

Sekretaris Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Yun Yunus Kusumabrata mengatakan, meskipun potensinya cukup besar, namun saat ini proses eksplorasinya masih kurang. (Jubi/Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  POTENSI PAPUA CAPAI 45 MILIAR BAREL, BLOK MINYAK DAN GAS DITEMUKAN DI ASMAT